Info Kuliah - UGM Kedokteran - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Info Kuliah - UGM Kedokteran

Ada beberapa pertanyaan mengenai tip2 utk masuk ke IUP UGM Kedokteran (Medicine) dan juga seputar IUP Kedokteran. Berikut ini beberapa catatan kami ya ... jika ada yg kurang mungkin yg lain bisa menambahkan.

Catatan:
Jawaban2 dibawah adalah subjektif dari kami; bisa berbeda2 utk keluarga yg lain.

1. Kenapa Kuliah Kedokteran di Indonesia?
Jawaban:
Jika mau berkarir menjadi dokter di Indonesia maka sebaiknya sekolah di Indonesia. Kenapa? Karena lulusan kedoteran LN - jika mau praktek di Indonesia - harus ada semacam "penyetaraan" di Indonesia. Penyakit di LN bisa jadi berbeda dgn Indonesia. Budaya yg dipelajari bisa beda. Dll.

2. Kenapa kuliah di Jogja?
Jawaban:
Kami dulu kuliah di Bandung. Kami tinggal di Jakarta. Dan bolak2 Jogja menengok orang tua. Dari ketiga kota tersebut, yg menurut kami inshaAllah paling kondusif utk putri kami dari berbagai sisi (keamanan diri, keamanan agama, keamanan pergaulan) adalah Jogja. Alhamdulillah di Jogja wisma muslim/muslimah sudah berkembang lama - beberapa ustadz ternama jg lulusan wisma - sehingga sudah mapan. Harapannya, selain belar ilmu dunia; juga dapat ilmu agama. Alhamdulillah juga bapak ibu kami di Jogja juga. Namun tetap, kita harus selalu doakan karena penjagaan terbaik adalah penjagaan Allah ta'ala. 

3. Kenapa IUP UGM?
Jawab:
IUP UGM, menurut infonya memang ditargetkan/didesain utk anak2 pekerja migran indonesia atau orang Indonesia yg tinggal di LN yg kemampuan bahasa Indonesia nya terbatas. Memang menerima mahasisa asing juga (namun tidak banyak). Juga; berat utk putra putri kita bersaing di ujian masuk reguler yg berbahasa Indonesia - kecuali memang sudah SMA di Indonesia.  Oh ya; kuliahnya alhamdulillah full bahasa inggris.

4. Berapa biaya masuknya IUP UGM Kedokteran?
Jawab:
Alhamdulillah utk IUP UGM - masih tidak ada biaya gedung/masuk. Untuk biaya kuliah per semester nya 45 juta/semester (di luar buku2/text book). Kalau tidak salah; beberapa PT (negeri dan swasta) lainnya yg menyelenggarakan kelas internasional ada biaya gedung/masuk nya - mungkin temen2 lebih tahu.

5. As atau A level utk IUP UGM Kedokteran? 
Jawab:
Harus A level. Tadi sore barusan ngobrol sama putri kami - sudah langsung ke materi kedokteran. Sudah lihat kadafer. Sudah lihat tulang2 berformalin. Sudah mengikuti pelajaran anatomi. Langsung masuk ke materi - tidak ada matrikulasi.

Jadi harus A level - kalau di British Stream - harus Y13. Bisa - dan sangat memungkinkan - jika memang mau ikut percepatan. Y12 tapi belajar As dan A level. Namun perlu kerja cukup esktra dan perlu sedikit modal tambahan utk membiayai ujian mata pelajaran yg tidak diambil di sekolah.

5. Bisa tidak negosiasi IUP UGM Kedokteran agar mau As level saja?
Jawab:
Sudah kami coba. Jawabannya tidak bisa

6. Tips nya agar bisa masuk IUP UGM Kedokteran
Jawab:
Persiapan lebih awal. Tetap kan target nya. Break down ke rencana2 lebih kecil.

Target misal: Masuk IUP UGM Kedokteran Jul 2020 pada tes gelombang pertama di bulan Feb 2020.

Langkah2nya:
1. Anggap si anak di Y13 British atau Y12 American school.
2. Cari tahu pelajaran apa saja yg diujikan - nanti. Kalau perlu kumpulkan soal2 nya - termasuk MMPI; Acept dll.
3. Ambil TOEFL/IELTS jauh2 hari.
4. Ikut kursus khusus "IUP UGM Kedokteran" di Jogja. Bisa yg private/semi private/intensive pada waktu liburan Desember 2019 - mungkin perlu ijin ga masuk 1 pekan ke sekolah. Dan karena ini mendukung; kelanjutan study nya biasanya boleh. Kenapa ambil bimbingan di Jogja - bukan di Jakarta sebaiknya? Supaya lebih kenal "medan tempurnya". Suasananya - suasana Jogja.
5. Dari kursus di Desember 2019 - evaluasi sendiri bareng bapak ibunya- kira2 lemahnya di mana. Putri kami dulu ambil tutor online untuk math dan fisika. Jika perlu sebenarnya, tutor online bisa dari sekarang (Sep/Oct 2019).
6. Diusahakan ikut tes gelombang pertama di Februari 2020. Kenapa gelombang pertama? Karena potensi diterimanya lebih besar - dibanding gelombang berikutnya. Sekali lagi mungkin perlu ijin sekolah utk ke Jogja.
7. Jika belum berhasil gelombang pertama, coba lagi gelombang kedua dan ketiga.

7. Waktu itu ada rencana utk test IUP UGM di Qatar utk Middle East?
Jawab:
Betul. Namun; team dari UGM nya belum siap. Waktu itu disampaikan kalau di Malaysia setiap tahun sudah di adakan. Akhirnya utk Middle East hanya sesi online dgn Bu Peni (IUP UGM). Jika; peminatnya banyak tahun ini - Kagama UGM mungkin bisa mulai sounding ke IUP UGM utk melihat kemungkinan ini hehehe :D

8. Tips lainnya:
a. Belajar naik motor - kalau pas liburan. Atau pas di Jogja. Jadi jika inshaAllah Juli 2020 sudah di Jogja - sudah siap utk berkeliling kota gudeg dgn scoopy nya. Sedikit cerita kenapa jgn langsung naik mobil? Selain susah parkirnya; juga biasanya mahasiswa tingkat pertama yg punya mobil; sering kali akan dimintain tolong oleh seniornya utk beli ini dan beli itu; antar ini antar itu.
b. Mainlah ke UGM. Get the feeling. Feel the aura. Being there ahead of time.
c. Tes bebas narkoba pada saat ikut ujian Feb 2020 atau pada saat kursus Dec 2019.
d. Lihat2 tempat kos atau wisma pas di Jogja - atau jika masu masuk wisma muslim/muslimah; ikut test nya sewaktu di Jogja pada bulan Des 2019/ Feb 2020.

InshaAllah jika ada waktu dan ada peminat; kami akan minta putri kami (dan mungkin putra putri rekan2 sekalian yg lagi liburan akhir tahun ini) - utk memberikan sesi sharing dan motivasi buat adik2 kelasnya utk masuk ke IUP UGM Kedokteran (atau lainnya).

(Dari Pak Kunto Djati)

Tidak ada komentar:

Post Top Ad