Checklist untuk Pulang Kampung - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Checklist untuk Pulang Kampung


Berikut ini beberapa catatan yang dikumpulkan dari beragam sumber untuk membantu perencanaan pulang kampung dengan lebih lancar. Klik di sini untuk membuka versi terupdate panduan repatriasi.

Urusan Kantor

Rencanakan jadwal keberangkatan sedini mungkin dan informasikan ke bagian HR Untuk mempercepat dan mempermudah proses administrasi.

Clearance form

Bila mendapatkan clearance form, segera lakukan clearance ke tempat yang diperlukan. Sebagian besar aktivitas akan dibantu juga oleh petugas dari kantor.

Final Settlement

HR akan memberikan draft final settlement beberapa saat sebelum final departure. Baca dengan teliti dan tanyakan apabila ada yang kurang dipahami atau salah perhitungan. Tandatangani kalau memang sudah yakin.
Siapkan nomor rekening di Indonesia untuk pengiriman sisa hak kita.

Exit Medical Test

Biasanya sebelum keberangkatan salah satu syaratnya adalah melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik atau rumah sakit yang ditunjuk oleh perusahaan.

Keuangan

Segera ambil cash dari bank, karena ada beberapa kejadian akaun bank dibekukan.

Kartu Kredit dan Bank Clearance

Sebaiknya kartu kredit ditutup sesegera mungkin, karena butuh 45 hari untuk clearance. Tetapi jika kepepet dan tidak ada waktu untuk menunggu 45 hari, ada alternatif:
Meninggalkan dana sebesar limit kartu kredit di akun bank, agar kartu kredit bisa dibatalkan. Account saving kita tidak perlu ditutup. ATM bisa titip kawan, jadi saat uang dari CC kembali, bisa diambil dan ditransfer sesuai kebutuhan. Bank Account ini tidak ada hubungannya dengan visa cancellation
Meminta salah seorang teman untuk menjadi guarantor. Dia akan tanggung jawab kalau ada tambahan tagihan selama 45 hari waktu tunggu tersebut.

Rental Rumah

Informasikan landlord segera untuk pembatalan kontrak rumah dan usahakan tidak ada penalti, karena keluar sebelum waktunya.
Perbaiki cacat di rumah dan kalau memungkinkan dilakukan pengecatan agar tidak terkena biaya perbaikan yang biasanya lebih mahal. Dibandingkan perbaikan mandiri

Asuransi

Manfaatkan asuransi dari kantor semaksimal mungkin, seperti pembelian kacamata, pemeriksaan gigi, dan check-up lainnya.

Transfer Uang

Ada beberapa alternatif transfer uang, khususnya dalam jumlah banyak, yaitu:

  • Lewat Western Union online, dana bisa langsung masuk ke rekening di Indonesia secara real-time. Maksimal pengiriman 20K QAR per 3 hari. Sebaiknya sekali transfer maksimal 10 ribu, biaya QR 15.
  • Transfer dari QNB ke BCA bisa 20K USD.
  • Transfer dari HSBC Qatar ke HSBC Indonesia bisa real-time USD ke USD, tanpa ongkos, limit besar.
  • Lewat Dohabank ke BCA bisa 50k QAR per hari. Biaya 10 qr per transfer. Untuk Dohabank ke BCA dolar bisa 100 juta Rupiah per hari. Potongan 5 dolar di rekening BCA.


Setop Langganan Ooredoo/Vodafone 

Ganti langganan HP dari shahry ke hala
Cancel Ooredoo/Vodafone service tidak ada hubungannya dengan cancel visa, dan tidak butuh waktu lama. Hanya bawa barang-barang ke kantor Ooredoo terdekat, bilang mau cancel karena leaving country, maka officer pun langsung disconnect everything. Bass...khalass. Jadi idealnya cancel layanan ini deket2 cancel visa saja, biar tetap ada hiburan di rumah kita.

Tutup Akun Kahramaa

Ambil foto meteran listrik dan air (cetak, bila memungkinkan), lalu bawa file itu dengan dokumen pendaftaran Kahramaa, tagihan terakhir dan QID ke kantor Kahramaa.

Barang

Mobil

Penjualan mobil sebaiknya terjual sebelum cancel visa, karena menjadi checklist prior to cancellation, karena secara legal atas nama kita. Lakukan negosiasi dengan pembeli mobil untuk bisa menyerahkan mobil beberapa saat sebelum kita akan berangkat, sehingga tidak perlu repot rental/pinjam kendaraan
Alternatif lain bisa dibalik nama teman, dan dia akan bantu jualkan mobil kita
Kalau mobil masih dalam loan dari company. Maka kalau ada dana segera dilunasi sehingga mobil bisa dijual segera. Apabila ini tidak bisa dilakukan, maka tunggu pada final settlement maka nilai mobil akan dikurangi dari situ.
Apabila mobil sudah terjual, sewa mobil untuk beberapa waktu atau pinjam mobil teman yang tidak terpakai.

Jual Perabot

Beberapa alternatif menjual barang:
Note: Untuk penjualan di website seringkali penelpon melakukan penawaran yang sangat rendah atau hanya membuang waktu jadi perlu dipertimbangkan lagi.

Kirim Barang

Lakukan Inventory Lakhan Lakhan Mana barang yang akan dibawa dan mana yang akan di pinggang mana yang akan dihibahkankan gratis
Untuk shipment ini, silahkan dipilih movers yang aman dan nyaman. Intinya mereka bersedia door to door,punya record yang bagus, within budget tanpa biaya tambahan.
Lakukan survei ke beberapa perusahaan kargo jauh-jauh hari dan bandingkan penawarannya.
Begitu barang-barang selesai packing dan siap dikirim, list barang-barang/manifest kita bawa ke KBRI, untuk issuance of Surat Keterangan. Sertakan copy passport dan juga surat 'to whom it may concern' dari mantan perusahaan kita.
Setelah itu, kita juga perlu surat kuasa, intinya surat kuasa ke movers untuk handling barang-barang kita. surat ini harus bermaterai, sebanyak dua buah.
Surat kuasa ini sudah disiapkan movers, jadi tinggal nyari materai dan tandatangan saja.
Dokumen-dokumen ini, manifest, surat keterangan, dan surat kuasa kemudian di handover ke mover untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Untuk pembelian box untuk pengepakan bisa dibeli di kantor pos atau di beberapa toko grocery yang biasanya diberikan gratis.
Perusahaan Kargo rekomendasi:

  • PT. Elang Mas Indocipta (EMIC) +62 818-704-260 (Hesti). Bisa tanya siapa partnernya di Qatar.
  • Sunith Bridgeway +974 3373 6760 sunith.rajan@bridgewayrelo.com


Info lainnnya:
https://kemlu.go.id/doha/en/pages/surat_keterangan_barang_pindahan/955/about-service

Sekolah

Informasikan kepada sekolah di Qatar seawal mungkin tentang rencana kepindahan kita ke Indonesia agar semuanya bisa dipersiapkan seperti raport, leaving certificate, uang deposit dan lain-lain.
Lakukan pencarian sekolah di Indonesia sedini mungkin melakukan pendekatan ke sekolah yang ingin dituju agar memudahkan setibanya di Indonesia.

Pindah sekolah

Yang diperlukan rapor terakhir, surat pindah/to whom it may concern, fotokopi paspor & rp anak dan ortu, untuk dibuatkan surat pindah juga oleh KBRI. Kalau sempat di atestasi SEC lebih baik, tetapi it's not necessarily. Untuk atestasi SEC, yg surat pindah minta ke kantor SEC yg di west bay/belakang kantor Qatargas dan QP, untuk rapor minta ke equivalency section di C-ring road.
Untuk pindah sekolah, harus stamp dari MOFA. Bisa di Government Service Complex C ring road

Info lainnya:

  • https://kemlu.go.id/doha/id/pages/legalisasi_dokumen/535/about-service
  • https://kemlu.go.id/doha/id/pages/surat_keterangan_pindah_sekolah/953/about-service
  • https://atdikbudlondon.com/pelajar-indonesia/prosedur-layanan-atdikbud/sop-pindah-sekolah-anak-dari-inggris/
  • https://news.detik.com/berita/d-3668934/ramai-dibahas-ini-prosedur-siswa-wni-pindah-sekolah-dari-luar-negeri


Tamat Sekolah

Mintakan surat pengantar dari sekolah itu utk menjelaskan bahwa anak kita sdh selesai kelas 12 atau 13 yang setara dg SMA kelas 3. Yang utama sebenarnya mata pelajarannya, mulai yang teratas saja A lalu AS dan lalu IGCSE. Kalau sdh ada A ngga perlu yg AS dan IGCSE. Kalau belum A ya AS atau IGCSE. Tapi amannya dilegalisir sekalian saja semua. Jangan lupa juga minta pengantar dari KBRI
Permohonan surat dari KBRI yang menyatakan siswa ybs SUDAH menyelesaikan kelas 12 atau 13 pada th ini untuk nanti digunakan penyetaraan di Diknas
Menjelaskan bahwa anak kita telah menyelesaikan sekolah kelas sekian dan itu setara dg 3 SMA di Indonesia. Sehingga berhak mendapatkan surat keterangan penyetaraan dari Diknas. Surat keterangan dari sekolah biasanya hanya menjelaskan bahwa anak kita telah selesai kelas sekian, tapi ngga dibandingkan dg sekolah di Indonesia.

Alamat Diknas :
Jalan Sudirman, sebelah kiri Ratu Plaza Jkt
http://dikdas.kemdikbud.go.id/index.php/penyetaraan-ijazah-smasmk/

Imigrasi

Sponsorship disini seperti khadamah, harus di-clearkan juga, karena juga menjadi checklist visa cancellation
Jika semua sudah clear, baru visa kita cancel, dan prosesnya juga cepat, karena online. Kita harus  menyerahkan ID dan paspor asli.
Keluarga bisa pulang duluan, termasuk istri, asal under sponsor kita dan meninggalkan ID asli serta copy paspor. Anak-anak cukup copy paspor saja. Cancel RP keluarga bisa dilakukan melalui aplikasi Metrash dengan biaya QR20.
Apabila keluarga tidak ada di Qatar, maka tidak perlu menyerahkan QID dan passport asli, cukup scan copy dan dikirimkan melalui email.


Persiapan Perjalanan ke Indonesia

Lapor KBRI

7 Hari sebelum berangkat, laporkan keberangkatan Anda ke hotline KBRI +97433322875, untuk mendapatkan surat jalan.

Hari Keberangkatan ke Jakarta

1. Sebelum berangkat, pastikan kelengkapan Dokumen perjalanan (Passport + QID(bagi resident) + Surat Kesehatan/Swab Test Result*Bagi yg punya + Surat Keterangan KBRI) dan install dan aktifkan aplikasi EHTERAZ dan EHAC Indonesia di HP.
2. Tiba di Airport;
- Security check cuma ada di depan Gate 3 departure yang lain close(pastikan drop di depan gate 3).
- Dokumen yang diperiksa Passport dan Ticket
3. Check in (sampai check in memakan waktu kira-kira 1 jam);
- Row 4/5 yg open selain itu close trmasuk staff ticket dsana jg,
- Pemeriksaan dokumen:
Pemeriksaan 1: Passport/QID/Surat KBRI/EHTERAZ/(Surat Bebas Covid19 *jika ada)
Pemeriksaan 2: semua dokumen di pemeriksaan 1 + yg pakai android phone harus download aplikasi E-Hac Indonesia (pengguna iphone di skip)
Pemeriksaan 3: Passport + Surat KBRI
#print boarding pass dan menuju imigrasi#
4. Imigration (10 menitan); Passport +Boarding Pass+ QID + Surat KBRI
5. Boarding Gate ; Passport+Boarding Pass ( * sebaiknya masuk boarding gate 30 menit sebelum keberangkatan karena menghindari crowded di dalam boarding gate / cari tempat aman masing2 * starbuck/coffee shop bisa jadi pilihan??)
6. Di pesawat ; jgn kaget semua cabin crew menggunakan seragam pocong?? demi kebaikan bersama??
7. Sebelum Landing ada 2 Form yg perlu diisi;
- Custom Clearance Form
- Kartu Kewaspadaan Kesehatan
8. Setelah Turun pesawat sebaiknya secepatnya jalan ke pintu keluar karena yg cepat yg didahulukan*antrian ga teratur karena minim petugas.(20 menitan)
9. Di antrian akan dipisah 2 (2 jam sampai Rapid Test + tunggu result rapid Test 15mnit);
1). Membawa Surat PCR(Swab Test Result).*tidak perlu swab test lagi cukup Rapid Test kalo negative boleh langsung pulang ke tujuan masing2.
2). Tidak membawa Surat PCR(Swab Test). * Rapid Test kalo negatif terus diarahkan untuk pilih ke Hotel (bayar sendiri) atau Wisma Atlet Pademangan(sekamar bertiga gratis) untuk menunggu Swab Test di pagi hari (start pukul 08.00WIB di wisma atlet), *yg di hotel transport disediakan dan ad prioritas Swab test dgn antrian max 15 mnit. (3x Makan di hotel sudah termasuk harga sewa permalam kirasan 700rbu *holiday inn kemayoran atau lainnya ad 5 pilihan hotel khusus)
10. Imigrasi (10 menit) Kartu Negative Rapid Test+Passport
11. Bagasi (10 menit)
12. Custom (20 menitan) dikasih snack *1roti dan aqua glass
13. Ke Bus (1 jam di bawa ke wisma atlet Pademangan) / Jemputan Hotel(15 menit).
Note: Yg ikut ke wisma atlet pademangan dan berubah pikiran mau ke hotel bisa di atur di wisma atlet (30 menit)
14. Swab Test (start jam 08.00WIB) di wisma atlet pademangan
15. menunggu hasil Swab Test 3-4 Hari.

Catatan:
Sebaiknya membawa cemilan dan air minum yg cukup karena dari landing sampai makan malam bisa 6-8 jam baru bisa makan (tidak di bolehkan beli makan dimanapun sampai proses Hotel/kamar karantina di wisma atlet selesai) setelah itu bru bisa order go food dll, semua dijaga ketat TNI

Penerbangan Lanjutan

Melanjutkan Domestic Flight(minimal 4-5 hari setelah landing di jakarta karena menunggu SWAB Test Result)

1. Datang ke airport untuk domestic flight min. 3-4 jam sebelum schedule penerbangan  (ada 3 lapis pemeriksaan)
2. Buat Surat clearances PKP (dikasih form kuning ket.kesehatan dan tujuan trbang) 10 menit
3. Check in domestic Garuda Row F(30 menit)
Dokumen kesehatan (Rapid bagi yg domisili jabodetabek dan tidak keluar negeri 14 hari terakhir, PCR/Swab Test bagi yg transit dari luar negeri).
Surat Pernyataan Penumpang garuda
KTP/Passport
Clearance dari PKP
Surat ket.Sehat buat tujuan(form kuning)
4. Masuk ke Security check 2 poin pengecekan(10 menit)
5. Boarding Gate(10 menit per orang)
Boarding pass + doc pendukung
6. Landing (isi form tujuan)
7. Check kesehatan (bagi yg sudah Rapid&Swab test cukup menunjukan Surat Asli)

Reference:

  • http://www.tentangqatar.com/2015/11/proses-pengunduran-diri.html
  • http://www.tentangqatar.com/2014/11/step-step-leaving-for-good.html

Tidak ada komentar:

Post Top Ad