Mengenal Doha Metro - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Mengenal Doha Metro

Setelah sekian lama pilihan untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain menggunakan transportasi publik hanya ada bus dan taxi, pada bulan Mei 2019 yang lalu mass rapid transport -- yang lebih dikenal dengan metro -- diluncurkan di Qatar.

Doha Metro merupakan salah satu MRT driverless tercepat di dunia yang dapat mencapai 100 km/jam. Proyek ini direncanakan akan beroperasi secara penuh pada tahun 2020 sekaligus dipersiapkan untuk menyambut perhelatan besar FIFA World Cup 2022. Untuk tahap pertama, Doha Metro sudah beroperasi di 13 stasiun pada jalur merah (Red Line) dari Al-Qassar sampai Al-Wakra, serta stasiun bandara Internasional Hamad.

Rute Perjalananan


Terdapat total 76 km dengan 37 stasiun rencana proyek pembangunan Doha Metro, yang terdiri atas 3 jalur yaitu Red Line, Green Line, dan Gold Line seperti pada gambar diatas. Jalur merah yang disebut juga coastal line melintas dari Wakra menuju corniche, sampai dengan Lusail stadion, akan tetapi saat ini stasiun yang beroperasi baru sampai Al-Qassar dekat Katara. Jalur hijau atau education line dimulai dari sekitar Al-Bidda menuju Hamad Hospital dan menyusuri jalan Al-Rayyan menuju Education City dan berakhir di sekitar stadion Al-Rayyan/Mall of Qatar. Terakhir jalur emas yang juga disebut historic line banyak melintasi tempat wisata, seperti museum nasional, souq waqif, musheireb dan terus menyusuri Salwa road menuju Khalifa stadion. Di luar Doha, ada juga proyek Lusail Tram sebagai sarana transportasi di area Lusail (15Km bagian utara Doha) yang akan menjadi pusat kegiatan Piala Dunia 2022.

Jam operasi
Saat ini, Doha Metro beroperasi pada hari Minggu-Kamis pukul 6am-11pm.


Kartu perjalanan dan harga
Kartu perjalanan metro dapat dibeli di vending machine yang tersedia di setiap stasiun. Tenang saja, biasanya ada beberapa petugas di sekitar mesin yang selalu siap membantu serta memberikan dompet kartu berisi brosur informatif. Selain itu, kartu juga dapat dibeli di toko di tertentu, seperti Al Meera, Lulu Hypermarket, atau Jumbo Electronic. Khusus kartu gold, dapat dibeli di counter goldclub di dalam stasiun
Terdapat 3 jenis kartu perjalanan yang perlu dibeli untuk menikmati Metro Doha: 
  1. Standard: Digunakan untuk naik gerbong non-VIP (gerbong Standard atau Family), harga kartu QR 10 diluar isi saldo, harga perjalanan QR 2 per trip dan maksimum biaya per hari adalah QR 6.
  2. Goldclub: Digunakan untuk naik gerbong VIP, harga kartu QR 100 diluar isi saldo, harga perjalanan QR 10 per trip dan maksimum QR 30 per hari
  3. Limited use: digunakan terbatas dengan harga sesuai pilihan pemesanan (QR 2 per trip atau QR 6 daily pass untuk non-VIP, dapat juga memilih VIP dengan harga QR 10 per trip atau QR 30 daily pass). Bentuknya berupa kartu sekali pakai yang tipis.




Kartu standard dan goldclub dapat diisi ulang dengan cara menggunakan vending machine dalam stasiun yang dapat dibayar dengan uang tunai atau kartu ATM. Pengisian ulang juga dapat dilakukan secara online dengan aplikasi metro rail dan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. 

Interior desain stasiun
Sebagian besar rel jalur metro jalur merah berada pada bawah tanah. Di stasiun-stasiun yang pernah saya datangi, jalur kereta berada di lantai -3 (minus tiga) yang mana dapat dijangkau dengan fasilitas lift, eskalator, atau tangga. 


Tidak lupa juga dengan desain interior dengan ukiran-ukiran dinding berwarna kayu di sekitar eskalator dan juga atap yang berbentuk kubah terinpirasi dari kebudayaan tenda suku Badui Arab. Di stasiun DECC misal, kita juga dapat menemukan hiasan dinding tradisional yang cukup instagramable juga lho! :D


Fasilitas stasiun Metro
Di stasiun, terdapat fasilitas toilet yang bersih, mushola yang terpisah antara wanita dan laki-laki, beberapa minimarket ataupun restaurant/kafe kecil. Selain itu, ada banyak juga petunjuk yang jelas dan memudahkan.
Di dalam mushola sudah terdapat tempat wudhu yang bersih dan nyaman. Namun untuk wanita disarankan bawa mukena ya, karena saya tidak menemukan mukena di dalam mushola, waktu itu saya berkunjung ke stasiun West Bay QIC





Stasiun mudah dijangkau dan terintegrasi
Nantinya, banyak sekali situs-situs penting ataupun tempat umum yang terjangkau oleh stasiun seperti aspire zone (sport city Doha), perpustakaan nasional, beberapa mall, Qatar University, dan lain-lain. Satu stasiun juga dapat memiliki beberapa pintu masuk/keluar di sisi jalan yang berbeda, hal ini memudahkan penumpang agar tidak perlu menyebrang jalan dari/ke stasiun Doha Metro.


Untuk memenuhi kenyamanan pengguna transportasi umum, Qatar Rail berkolaborasi dengan Kementrian Transportasi dan Komunikasi Qatar juga menyediakan feeder bus di sekitar stasiun. Feeder bus ini akan mengantar penumpang secara gratis ke titik-titik tertentu di sekitar stasiun. Informasi detail mengenai shuttle bus dan pick-up point ada di aplikasi Qatar Rail yang bisa didownload melalui Play Store maupun App Store. Yuk, tunggu apa lagi? 



Tidak ada komentar:

Post Top Ad