Apa Arti Dibalik Logo FIFA World Cup Qatar 2022? - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Apa Arti Dibalik Logo FIFA World Cup Qatar 2022?

Logo FIFA World Cup 2022 telah resmi diluncurkan pada hari Selasa, tanggal 3 September 2019 tepat pada pukul 20:22, sesuai dengan tahun perhelatan event tersebut. Proyeksi digital logo tersebut juga dimunculkan pada beberapa bangunan ikonik Qatar antara lain: Amphitheatre Katara Cultural Village, National Archives Building, Doha Tower, Ministry of Interior, Souq Waqif, Sheraton Hotel, Torch Doha, dan Zubarah Fort. Logo tersebut juga dipajang di 24 kota utama di seluruh belahan dunia, seperti London, Johannesburg, Mexico City, Baghdad, Buenos Aires, Beirut, Mumbai, Paris, Kuwait, Seoul dan lain-lain.

Logo FIFA World Cup Qatar 2022 tersebut berbentuk syal putih dengan ornamen khas arab. Berikut ini arti dari logo tersebut.
Bentuk angka delapan dan infinity
Logo ini menggambarkan kain syal dari wol yang berbentuk angka delapan yang merepresentasikan jumlah stadion yang akan digunakan pada world cup 2022. Jika dibalik, logo infinity akan terlihat menunjukan kebersambungan dan koneksi antar warga dunia pada acara kompetisi piala dunia (FIFA World Cup).

Kain putih tradisi negara Arab
Ikon utama pada gambar menunjukkan kain putih yang melambangkan tradisi dari kain selendang yang biasa dipakai oleh orang-orang Arab, khususnya pada saat musim dingin yang juga akan bertepatan dengan acara FIFA World Cup yang akan diselenggarakan pada musim dingin, yaitu pada bulan November-Desember 2022.

Bagian kain yang menukik pada atas logo juga menggambarkan gelombang bukit pasir sebagai simbol daerah Arab.

Simbol kesenian dan huruf Arab
Dua titik pada bagian atas logo menggambarkan bagian dari huruf Arab, khususnya dengan banyaknya titik yang sama dengan jumlah titik pada tulisan Arab dari Qatar ( قطر ). Di antara dua titik tersebut, juga terdapat gambar gambar bola kaki yang juga mencerminkan bentuk geometris sebagai bagian dari kebudayaan Arab.

Di bagian bawah, terdapat ukiran hiasan dengan motif bunga sebagai warisan kebudayaan Arab, serta tulisan Qatar 2022 bertemakan kaligrafi Arab yang kontemporer dengan sentuhan modern.

Perpaduan bentuk trofi logo FIFA World Cup
Bentuk logo saat ini juga tidak lepas dari replikasi bentuk trofi FIFA World Cup dengan memodifikasi bentuk-bentuk trofi pada logo FIFA World Cup beberapa tahun sebelumnya.

Kaligrafi
Tulisan Qatar 2022 terinspirasi dari kaligrafi Arab, yang ditunjukkan pada huruf "t" agak dibuat panjang dan huruf 'Q' yang unik.




1 komentar:

Anonim mengatakan...

Good article mels :)

Post Top Ad