3 Aplikasi Taksi Online Di Qatar, Pilih Yang Mana? - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

3 Aplikasi Taksi Online Di Qatar, Pilih Yang Mana?


Seperti halnya di Indonesia dan negara belahan dunia lainnya, media internet telah merubah cara orang berbisnis. Termasuk juga dengan bisnis taksi yang mulai menawarkan "online marketplace" dimana pengguna jasa dapat melakukan pemesanan secara online kepada penyedia jasa. Di Qatar sendiri, saat ini telah ad tiga layanan taksi online, yaitu Uber, Carem dan yang terakhir adalah Karwa yang merupakan layanan taksi tradisional dan juga menyediakan layanan reservasi dengan aplikasi mobile. Berikut ini review mengenai ketiga jenis layanan taksi online di tersebut.

Aplikasi

Untuk platform, Uber memiliki pilihan yang lebih banyak, dimana Uber mendukung Android, iOS, dan Windows Mobile, sedangkan Careeem dan Karwa tersedia hanya untuk platform Android & iOS saja.

Semua aplikasi ini memiliki fitur yang serupa untuk pemesanan, dimana pelanggan dapat memilih di peta mengenai lokasi penjemputan dan melihat armada yang stand-bay di sekitar lokasi. Aplikasi Careem dan Karwa menyediakan pilihan untuk penjemputan sekarang atau terjadwal di masa mendatang. Yang menarik, untuk Careem, pelanggan akan mendapatkan bagian apabila melakukan pesanan untuk orang lain.

Setelah pelanggan melakukan konfirmasi untuk pemesanan, maka dalam waktu beberapa menit pelanggan akan mendapatkan pesan, baik melalui SMS maupun melalui aplikasi tentang nomor armada (plat nomor untuk Careem dan Uber, nomor kode taksi untk Karwa), beserta nama dan telepon supirnya.

Aplikasi Careem dan Karwa memberikan pilihan untuk pelanggan memasukkan detil lokasi penjemputan. Tahu sendiri, di Qatar jarang pemberian alamat menggunakan nama jalan. Hanya menggunakan patokan landmark atau nama perempatan, dan sebagainya. Hal ini tentu saja memberikan kenyamanan tambahan bagi pelanggan dan supirnya.

Aplikasi juga akan memberi tahu apabila si supir sudah sampai di lokasi penjemputan. Rata-rata taksi Careem dan Uber sudah terampil menggunakan aplikasi ini. Sedangkan untuk Karwa, ada beberapa supir baru yang tidak memanfaatkan fitur ini dan cenderung menunggu atau menelpon pelanggan.

Sepanjang perrjalanan, pelanggan Uber dapat memantau tarif di handphonenya. Fitur ini tidak tersedia di Careem maupun Karwa. Setelah perjalanan selesai, aplikasi Uber dan Careem memberi informasi tagihan. Sedangkan untuk Karwa, informasi tagian ada di taximeter.

Untuk informasi history perjalanan pelanggan sebelumnya, Careem tidak menyediakan, sedangkan Karwa menyediakan history, akan tetapi tidak ada informasi biaya. Sedangkan Uber menyediakan history yang cukup detil, termasuk informasi kilometer dan biaya.

Uber juga memberikan layanan informasi estimate fare di websitenya.

Pembayaran

Careem memberikan pilihan pembayaran paling banyak, yaitu kartu kredit, tunai, maupun membeli kredit di websitenya, mirip seperti layanan pra-bayar. 0000"Pulsa" pra-bayar ini berlaku setahun. Uber hanya memberikan pilihan pembayaran melalui kartu kredit, sedangkan Karwa hanya menerima tunai.

Waktu

Dari pengalaman kami, kedatangan Careem dan Uber dari saat konfirmasi sangat cepat. Kurang dari 5 menit. Sedangkan Karwa cukup lama, lebih dari 10 menit.

Tarif

Tarif Careem adalah mulai 10QR (starting now) dan 30QR (starting later) dilanjutkan dengan 2.5 QR/km atau 90QR/hour (apabila menunggu atau kecepatan kurang dari 16 km/jam). Tarif minimumnya adalah 18 (now) 50 (later). Sedangkkan untuk penjemputan di Airport ada tambahan 40 QR.

Sedangkan tarif Uber mulai dari 4.5 QR dan dilanjutkan 1.5QR/km atau 0.65 QR/menit untuk menunggu.  Tarif minimumnya adalah 15 QR.

Untuk Karwa, tarifnya 4 QR dan dilanjutkan 1.20 QR/kmdi kota Doha dan 1.80 QR ke luar DOha. Untuk pemesanan melalui aplikasi ada tambahan 5 QR.

Dapat dilihat bahwa Karwa memberikan harga yang paling murah dan Careem paling mahal. Sedangkan Uber hanya sedikit lebih mahal dibandingkan Karwa.

Jenis Mobil

Dalam beberapa kali menggunakan layanan Careem, rata-rata mobil yang dipakai kebetulan model Camry, sedangkan Uber lebih banyak Hyundai. Akan tetapi, berdasarkan wawancara dengan sopir Uber dan Careem, pada dasarnya mereka menggunakan kedua aplikasi tersebut secara bersamaan. Tinggal yang mana duluan yang membutuhkan layanan saat itu.

Sedangkan Karwa menggunakan layanan taksi yang rata-rata Camry atau sejenisnya.

Kebersihan 

Dari sisi kebersihan, Uber dan Careem relatif lebih bersih dibandingkan Karwa.

Loyalty Program

Careem menyediakan loyalty program dengan mengumpulkan point yang dapat digunakan untuk rewards.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad