Step-Step Leaving For Good - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Step-Step Leaving For Good

1. Resignation Letter
Untuk surat ini sepertinya tergantung masing-masing perusahaan, tetapi umumnya menerapkan 3 months notice, intinya ikuti saja prosedur di masing-masing perusahaan.

2. Jual barang-barang
Kita putuskan mana barang yang akan dijual ataupun dipaket ke Indonesia. Untuk yang dijual saya hanya focus kepada barang-barang yang secara legal document atas nama kita, seperti mobil ataupun motor. Keduanya harus terjual sebelum cancel visa, karena menjadi checklist prior to cancellation. Jika bisa diatur untuk dijual/handover dekat-dekat keberangkatan tentu lebih baik, sehingga tidak perlu repot ngrental/minjam kendaraan

3. Sponsorship
Sponsorship disini seperti khadamah, harus di-clearkan juga, karena juga menjadi checklist visa cancellation

4. Kartu Kredit
Ideally credit card ditutup 45 days prior to leaving, tetapi jika kefefet seperti saya, yang penting cancel kartu saja, sementara account saving kita tidak perlu ditutup. ATM bisa titip kawan, jadi saat uang dari CC kembali, bisa diambil dan ditransfer sesuai kebituhan. Bank Account ini tidak ada hubungannya dengan visa cancellation

5. Shipment of Personal Effect
Untuk shipment ini, silahkan dipilih movers yang aman dan nyaman. Intinya mereka bersedia door to door,punya record yang bagus, within budget tanpa biaya tambahan.
Begitu barang-barang selesai packing dan siap dikirim, list barang-barang/manifest kita bawa ke KBRI, untuk issuance of Surat Keterangan. Sertakan copy passport dan juga surat 'to whom it may concern' dari mantan perusahaan kita.
Setelah itu, kita juga perlu surat kuasa, intinya surat kuasa ke movers untuk handling barang-barang kita. surat ini harus bermaterai, sebanyak dua buah.
Untuk kasus saya, surat kuasa ini sudah disiapkan movers, jadi tinggal nyari materai dan tandatangan saja.
Dokumen-dokumen ini, manifest, surat keterangan, dan surat kuasa kemudian di handover ke mover untuk digunakan sebagaimana mestinya.

6. Mozaic
Cancel Mozaic tidak ada hubungannya dengan cancel visa, dan tidak butuh waktu lama. Hanya bawa barang-barang ke kantor OOredoo terdekat, bilang mau cancel karena leaving country, maka officer pun langsung disconnect everything. Bass...khalass. Jadi idealnya cancel mosaic ini deket2 cancel visa saja, biar tetap ada hiburan di rumah kita.

7. Sekolah anak-anak
Yang diperlukan rapor terakhir, surat pindah/to whom it may concern, fotokopi paspor & rp anak dan ortu, untuk dibuatkan surat pindah juga oleh KBRI. Kalau sempat di attestasi SEC lebih baik, tetapi it's not necessarily. Untuk atestasi SEC, yg surat pindah minta ke kantor SEC yg di west bay/belakang kantor Qatargas & QP, untuk rapor minta ke equivalency section di C-ring road.

8. Visa Cancellation
Jika semua sudah clear, baru visa kita cancel, dan prosesnya juga cepat, karena online. Kita musti menyerahkan ID dan paspor asli. Keluarga bisa pulang duluan, termasuk istri, asal under sponsor kita dan meninggalkan ID asli serta copy paspor. Anak-anak cukup copy paspor saja.

Ditulis oleh: Madi Hakim

Tidak ada komentar:

Post Top Ad