Alternatif Kegiatan Liburan Musim Panas - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Alternatif Kegiatan Liburan Musim Panas


Menghabiskan waktu di Qatar selama liburan musim panas memang tidak lah mudah bagi anak-anak. Tentu saja di musim panas, kegiatan luar luar ruangan tidak dapat dilakukan karena suhu udara yang cukup ektrim, termasuk di malam hari. Tetapi ada beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak-anak yang diorganisir oleh beberapa organisasi di Qatar.

1. Future Scientist

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Qatar Scientific Club bekerjasama dengan Qatar Science and Technology Park. Kegiatan ini memang kegiatan yang dilakukan setiap liburan musim panas. Future Scientist biasanya  dibagi ke dalam beberapa batch dengan waktu pendaftaran sekitar sebulan sebelum liburan musim panas. Anak-anak yang berusia 6-16 tahun akan diajak bermain sambil belajar bersama di Qatar Scientific Club, Abu Hamour.

Adapun syarat pendaftarannya adalah fotokopi passport, 2 buah pas foto dan uang pendaftaran sebesar QR100 dan datang langsung ke QSC jam 4-7 sore. Informasi dapat menghubungi 44696200. Atau mendaftar secara online ke http://qatarsc.org/register.html

2. Mathaf Summer Program

Mathaf (Arab Museum of Modern Art) juga memiliki program untuk anak-anak di liburan summer. Sesuai dengan tema museumnya, kegiatannya berkisar kepada kegiatan seni rupa. Lokasi Mathaf sendiri adalah di sekitar kompleks education city. Untuk pendaftaran, cukup melalui email mathaf_education@qma.org.qa. Kegiatan ini gratis.

3. Olahraga dan Seni

Selain kegiatan di atas, ada juga beberapa lembaga yang menyelenggarakan kursus renang dan seni yang dirangkai dalam program liburan musim panas. Beberapa di antaranya:

http://www.kidzartqatar.com/ --> Seni

http://www.qmotion.com.qa/ --> Renang

http://www.h2oswimclub.com/ --> Renang

http://www.dohamums.com/doha-resources/doha-summer-camp-guide.html

Tahun lalu juga ada beberapa masukan untuk kegiatan liburan, yang bisa dilihat di link berikut:

https://groups.google.com/d/topic/tentangqatar/z42aMNhvb7s/discussion

Salah satu tulisan yang bisa dibilang sangat komplit adalah dari Bu Nana Sopian. Berikut ini informasinya:

1. Saat yang tepat untuk program hafiz Al QurĂ¡n. Tahun lalu  KAIFA ngadain,  targetnya juz 30, nggak tahu kalo sekarang.  Alternatif yang lain bisa panggil ustad sendiri, secara lebih insentif atau ikut program masjid2 tertentu yang dtunjuk Awqaf.

Kalo mau tambahan bhs Inggris, British Council ngadain summer program, pendaftaran kalo nggak keliru mulai Mei.

Kalo mau tambahan bhs perancis, French Cultural Centre biasanya juga menawarkan program summer dari kid sampai adult. Info lebih lengkap di www.ccfdoha.com

Tahun lalu ada Qtel Summer Program untuk anak 10-25 tahun.  Acaranya sport, terutama foot ball dan beberapa aktifitas lainnya., dari hari Sabtu sampai Rabu

Kalo putra/putri bapak/ibu di sekolahnya ikut member dari ROTA volunteer program, biasanya ada summer program yang ditawarkan. Misalnya tahun lalu ada charity program untuk anak s/d klas 10, klas 10 keatas ada program magang di perusahaan.  Caranya, tanya guru sekolah  program apa yang ditawarkan trus apply kalo tertarik.

Tahun lalu, QatarPhilharmonic  Orchestra ngadain summer program untuk anak2, bayarnya QR 25 per anak, sekali datang.  Acaranya pengenalan alat2 musik.

Jangan lupa ajak anak2 ke perpustakaan, dijamin menyenangkan plus edukatif.  Qatar Library lumayan koleksi buku bhas inggrisnya. Atau kalo bapak/ibu yang kerja di QP, bisa datang ke Central library.  Untuk anak2 bisa pinjam banyak buku  (10 buku) plus 3 DVD kalo gak keliru. Bisa juga dibawa ke British  Council

Kalo mo renang, bisa ambil summer program di Dolphin.  Pelatihnya profesional  dan berkelas international......he...he....promosi.  Renangnya di indoor ......jadi gak gosong.  Di Al Ghazal setahu saya tidak ada special program, hanya biasanya film yang diputar selama summer bagus2 gak kalah ama cinema plus  murah.  Atau kalo mau malah barbequan di QP Beach Club, juga asyik.

Biasanya anak2 juga saya ikutkan di Science Club, dekat Ein Khalid.  Cuman untuk tahun yang lalu, program yang berbahasa Inggris ditiadakan karena pembimbingnya pada mudik, jadi hanya untuk orang Arab aja, gak tahu untuk tahun ini.

Info dari teman, di Villagio juga ada summer program untuk Kids, bisa jam2an,  bisa juga harian.  Bentuknya seperti program yang ditawarkan starfish, tapi konon lebih menarik.

Bapaknya juga sering ngajak anak2 ke Bowling, dan cukup fun bagi mereka

Untuk entertaiment, anak2  bisa dibawa ke entertainment centernya Villagio, Circus Land nya Landmark, Jungle Zone Hyaat,  Ice skating di City Centre,atau acara2 lain yan bisanya diadakan selama Summer Holiday.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad