Alternatif Melanjutkan Kuliah - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Alternatif Melanjutkan Kuliah


Di Indonesia, kesempatan melanjutkan sekolah untuk mendapatkan tambahan ilmu sekaligus strata pendidikan yang lebih tinggi termasuk mudah. Banyak sekali penawaran kuliah untuk pegawai, kuliah jarak jauh, kuliah eksekutif dan semacamnya. Situasi di Qatar bisa dibilang sangat berbeda. Jumlah peguruan tinggi tidak lah banyak. Kalau pun ada, pilihan untuk melanjutkan kuliah, terutama untuk pegawai sangat terbatas. Belum lagi biayanya yang cukup tinggi.

Padahal, secara rata-rata orang Indonesia yang berada di Qatar punya waktu yang relatif lebih banyak. Tidak ada kemacetan yang membuat kita menghabiskan baerjam-jam di jalan untuk menuju dan pulang kantor, bahkan untuk lokasi remote pun bisa ditempuh dengan waktu yang cukup masuk akal.

Melakukan pendidikan jarak jauh menjadi salah satu solusi untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan. Infrastruktur internet yang bagus di Qatar juga memberikan kemudahan untuk melakukan hal ini. Berikut ini beberapa alternatif di luar universitas yang memang beroperasi di Qatar.

1. Qatar University

Qatar University menyelenggarkan program MBA berbahasa Inggris. Kelas dimulai September setiap tahun. Mereka buka pendaftaran dari bulan Januari sampai dengan Mei.Satu semester bisa mengambil maksimal 9 kredit. Total kredit sampai selesai : 36

Biaya per kredit QR 1,250. Jadi per semester perlu biaya 9 x 1,250 = 11,250. Dan sampai selesai (2 tahun) perlu biaya 36 x 1,250 = QR 45,000.

2. Universitas di Indonesia

Bina Nusantara memberikan penawaran berupa program Binus Online dimana perkuliahan sebagian besar dilakukan secara online dengan beberapa persyaratan harus hadir di kelas Indonesia per semester. Info: http://onlinelearning.binus.ac.id/

3. Universitas India di Qatar

Dengan banyaknya orang India yang ada di Qatar, maka beberapa universitas pun membuka kelas jarak jauh, seperti IGNOU (Indira Gandhi Open University) di MES, Kerala University di Shantiniketan School dan Annamalai University di Mughlina.

Universitas-universitas tersebut menyediakan banyak program studi, baik untk S1 maupun S2. Selain itu, mereka menggunakan pengantar bahasa Inggris, sehingga tetapi bisa diikuti oleh orang yang bukan berasal dari India.

4. Universitas di Eropa

Beda waktu antara Qatar dan Eropa yang hanya 2-3 jam memungkinkan kita untuk mengikuti program belajar jarak jauh dari Eropa. Bila pun harus ada kuliah "tatap-muka" secara online, penyesuainnya tidak terlalu sulit. Hampir setiap negara mempunyai program jarak jauh, baik yang full online maupun sebagian-sebagian. Biayanya sangat beragam, mulai dari yang gratis (umumnya di Eropa utara), maupun dengan bayaran yang cukup lumayan besar. Biasanya biaya ini tergantung program studi dan level pendidikan.

Setiap negara memasang portal pendidikan masing-masing untuk mempermudah calon mahasiswa mencari bidang studi dan universitas yang sesuai keinginan. Berikut ini beberapa diantaranya:

5. Lainnya
Selain itu, ada juga beberapa alternatif lain, seperti:


Adapun syarat-syarat umum untuk masuk ke universitas tersebut antara lain:

  • Kopi Ijazah terakhir (Bahasa Inggris)
  • Kopi Transkrip nilai (Bahasa Inggris)
  • Kopi bukti kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL)
  • Referensi (bila dibutuhkan)

Berikut ini beberapa website yang bisa digunakan untuk mengecek peringkat universitas yang dituju:



Tidak ada komentar:

Post Top Ad