Mudawanat: Kumpul Blogger Ala Qatar - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Mudawanat: Kumpul Blogger Ala Qatar


Dukungan pemerintah Qatar dalam perkembangan teknologi memang sangat kentara. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya inisiatif untuk mensosialisasikan teknologi ke masyarakat, antara lain dengan adanya i-Park (taman dengan layanan Wifi gratis), layanan e-goverment online, dan yang terakhir adalah acara Mudawanat yang diadakan kemarin Sabtu, 12 Desember 2009.

Acara ini adalah salah satu inisiatif dalam rangkat mengembangkan konten yang berasal dari negara-negara yang berbahasa Arab, khususnya konten berbahasa Arab. Karena apabila dibandingkan dengan negara-negara lainnya, konten berbahasa Arab bisa dibilang sangat sedikit. Dari salah satu diskusi dalam acara tersebut, hal ini disebabkan karena dialek yang berbeda antar satu negara dengan negara lainnya.

Diselenggarakan di sebuah resort mewah, Al Sharq, event ini sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah Qatar lewat lembaga IT yang khusus mengurusi IT di Qatar, ICTQatar. Walaupun gratis, kursi sebanyak 450 buah di lokasi acara tidaklah terisi penuh. Sebagian besar peserta berasal dari kalangan professional, sebagian lagi adalah pelajar dan mahasiswa.

Acara dibuka dengan peluncuran blog, DigitalQatar yang berisi tulisan-tulisan seputar dunia teknologi yang disajikan dalam dua bahasa, Inggris dan Arab. Selanjutnya acara diisi dengan presentasi dari Jeremiah Owyang, seorang blogger senior. Dalam paparannya, Jeremiah menjelaskan mengenai perkembangan blog dan social media, khususnya hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial. Untuk melihat presentasinya, bisa masuk ke link ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan panel sekaligus beberapa blogger senior yang berasal dari Timur Tengah dan juga perwakilan dari Google. Walaupun beberapa pembicara memaparkan pandangannya dalam Bahasa Arab, kita tetap bisa mengikutinya dengan disediakannya alat translator.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab yang berlangsung dengan sangat hangat, mulai pertanyaan mendasar bagaiman memulai pembuatan blog, sampai dengan pengaruh social media yang sekarang sedang populer seperti Facebook dan Twitter terhadap perkembangan blog.

Setelah makan siang, acara dibagi menjadi dua workshop, yaitu untuk pemula dan tingkat lanjut. Dalam sesi untuk pemula, disampaikan bagaimana cara memulai membuat blog. Sedangkan dalam sesi tingkat lanjut, disampaikan bagaimana meningkatkan kualitas dari suatu blog sehingga bisa lebih berdayaguna.
Untuk yang belum sempat mengikuti acara ini, silahkan lihat di video berikut ini untuk sesi sebelum makan siang.

Watch live streaming video from ictqatar at livestream.com

Sedangkan sesi setelah makan siang bisa diikuti di video berikut ini:

Watch live streaming video from ictqatar at livestream.com

Berikut ini beberapa kesan peserta yang disampaikan di milis Tentangqatar:
Risman
Acaranya cukup bagus tentang bagaimana membuat blog bagi pemula (workshop-A) dan Workshop-B untuk meningkatkan blog ke tahap advance. Panitia memberikan tempat yg sangat bagus di Sharq Villa.
Acara selesai jam 03:30 pm. Peserta benar-benar dijamu sepuasnya dengan full menu dari Sharq Villa dan semua peserta yg mengikuti acara tsb diberikan Certificate oleh panitia ict Qatar.
Diday
Seminar kemarin, adalah seminar terbaik yang pernah saya ikuti seumur hidup saya..
Pertama, ya karena gratis...:)
Yang kedua, ya itu tadi. They served the best. Tempat, pembicara ,makanan...bahkan untuk air minum saja, (di botolnya sih) dari Prancis dan Italia..
Alhamdulillah, dapet ilmu gratis, buku gratis, pulpen gratis, makan gratis, dan ilmu yang nilainya mahal tapi gratis juga..:)
BTW, untuk yang membutuhkan informasi lowongan kerja, bisa juga langsung masuk ke website ICTQatar, bagian karir. Di sana banyak lowongan untuk pekerja di bidang IT.

Note: Foto merupakan koleksi dari Pak Risman

1 komentar:

Master mengatakan...

"Visit ,Apply and Success in your Life"
Looking for a job in Dubai....Then Please visit www.gulfjob4u.com for more details....
100% Free Job Site
More than 5000 jobs
Daily Updation
Jobs Updates Dubai,Sharjah,Abu Dhabi,Al Ain,Ajman,Qatar,Doha,Saudi Arabia,Oman,Muscat,Kuwait
You will get your Dream Job Here
Visit Best website for Job

Post Top Ad