Nonton Layar Tancap di DTFF - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Nonton Layar Tancap di DTFF

Tahun ini ada pagelaran seni yang cukup besar di Doha, Qatar, yaitu Tribeca Film Festival. Festival film internasional ini diselenggarakan selama 4 hari mulai hari Kamis sampai dengan Minggu yang diisi dengan pemutaran film-film di beberapa lokasi, seperti Museum Islamic Art, Souq Waqif, City Center Mall, Four Seasons dan lain-lain. Acara-acara utamanya dipusatkan di halaman Museum Islamic Art.

Ada film-film yang diputar secara gratis, seperti di MIA dan Souq Waqif. Dan di beberapa lokasi lainnya dikenakan tiket QR30 sekali masuk. Panitia juga menyediakan "blue badge" dimana pemegangnya akan mendapatkan diskon khusus.

Yang menarik, pada hari Jumat diadakan acara family day di MIA. Salah satu pertunjukkannya adalah live-show attraksi-attraksi panggung yang dikemas secara menarik. Mulai dari permainan basket sampai dengan silat/kungfu yang dipadu dengan tarian.

Selain itu, disediakan juga satu area permainan anak. Walaupun permainannya mirip "17 Agustusan", seperti tarik tambang, balap karung, dst, tetapi lumayan lah. Paling tidak anak-anak bisa terhibur.

Di lokasi lain, disediakan semacam workshop untuk anak-anak, dimana mereka bisa belajar konsep pembuatan film animasi secara sederhana. Di sini mereka diajarkan bagaimana menyiapkan scenario, lalu pengambilan gambar, dan hasilnya langsung ditampilkan di layar TV besar, sehingga para orang tua bisa melihat hasil karya anak-anak mereka.

Di sekitar area permainan, panitia menyediakan juga stand-stand penjualan makanan dari berbagai restoran siap saji. Tidak hanya itu, panitia juga menyediakan fasilitas lainnya, seperti tempat duduk buat makan, majelis untuk istirahat, toilet, dan juga termasuk musholla kecil. Tidak terkecuali, papan penunjuk jalan yang sangat jelas, sehingga mudah untuk menemukan lokasi-lokasi yang dituju.

Di sisi lain, ada stand-stand yang memamerkan dan juga menjual barang-barang kerajinan khas Qatar, seperti karpet tenun tradisional, miniatur kapal, makanan lokal, dan lain-lain. Di sini nuansa arabnya sangat terasa.

Menjelang matahari terbenam, lampulampu dihidupkan. Maka suasana semakin meriah dn indah. Warna MIA yang biasanya kekuning-kuningan berubah menjadi biru dengan hiasan tulisan "Tribeca Film Festival" di salah satu sisinya. Tenda-tenda yang tadinya berwana putih, berubah menjadi warna-warni dihiasi cahaya lampu dari dalam tenda.

Penonton pun berangsur-angsur pindah ke bagian "layar tancap". Di sini disediakan kursi pantai sebanyak 3000 buah buat penonton yang ingin menonton film yang diputar secara gratis. Kursi yang bertuliskan DTTF itu di susun secara rapi melingkari sebuah layar besar. Panitia sepertinya benar-benar ingin memberikan nuansa santai, sehingga ada juga "asongan resmi" yang menjual kacang buat dinikmati selama film diputar.

Malam itu film yang diputar adalah film animasi arab yang bercerita tentang perjalanan seekor kuda dengan anak kecil yang memeliharanya. Agaknya panitia juga bisa memilih waktu yang sangat tepat, dimana awal november adalah waktu yang nyaman buat berada di luar ruangan. Cuaca yang tidak panas dan tidak terlalu dingin juga. Dengan cuaca seperti ini, anak-anak bisa dengan nyaman menikmati tayangan film tersebut.

Penyelenggara juga menyediakan angkutan berupa bis dari meeting point di lapangan dekat Civil Defense. Para penjaga juga sangat ramah dan helpful. Kesimpulannya, event ini sangat mengesankan dan benar-benar dikelola secara baik dan professional. Mudah-mudahan ini bisa menjadi cermin dan tolok untuk meningkatkan pelayanan di acara-acara lainnya.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad