Fanar Expo: Wajah Islam yang Professional, Ramah dan Universal - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Fanar Expo: Wajah Islam yang Professional, Ramah dan Universal

Sejak kemarin (19/11/09), di Doha Exhibition Center diadakan pameran mengenai Islam, baik dari sisi budaya, seni, arsitektur dan nilai-nilai terkandung di dalamnya. Pameran yang dinamakan Fanar Expo ini diselenggarakan oleh Qatar Islamic Cultural Center yang lebih sering disebut fanar untuk mensyiarkan informasi mengenai Islam secara luas.

Informasi mengenai pameran ini sudah disampaikan jauh-jauh hari olah panitia, baik melalui acara di Fanar, maupun media-media massa. Pameran ini memang bukan hanya ditujukan untuk kalangan umat Islam saja, tetapi juga untuk menyampaikan infomari bagaimana sebenarnya ajaran Islam tersebut secara elegan semua golongan, agama dan ras.

Mulai dari pintu masuk pameran pengunjung sudah disuguhi layanan yang baik dan ramah. Setiap orang yang masuk diberikan booklet mengenai informasi seputar kegiatan pameran tersebut. Panitia pun tidak lupa bahwa di antara pengunjuang adalah anak-anak, sehingga anak-anak pun langsung diberikan topi lucu bergambar Gedung Fanar yang berbentuk kerucut. Walau pun sederhana, paling tidak hal ini memberikan kesenangan tersendiri bagi anak-anak dan merasa mereka diterima di acara tersebut. Tidak hanya sampai di situ, keramahan juga ditunjukkan dengan memberikan welcome drink berupa teh khas arab.

Di dalam ruangan kita bisa menikmati banyak poster mengenai ajaran islam, bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan di masa kejayaan Islam, seni dalam Islam, dan lain-lain. Informasi yang disampaikan cukup mudah dimengerti dan memang disusun untuk orang awam. Poster-poster tersebut disusun berdasarkan topik-topik tertentu, sehingga mudah untuk diikuti sesuai keinginan masing-masing orang. Di sisi lain dari pameran ini, ditampilkan juga gambar-gambar masjid yang berasal dari seluruh jaman dan seluruh dunia. Melihat arsitektur masjid-masjid ini, kita seolah-olah diajak berkeliling dunia menikmati keindahan arsitektur Islam.

Poster-poster ini dibuat melingkar dimana ditengahnya diletakkan replika Ka'bah yang ukurannya sedikit lebih kecil dari Ka'bah asli. Hal ini menjadikan pameran ini sangat menarik. Bagi pengunjung muslim, mereka bisa melihat seperti apa sebenarnya isi di dalam Ka'bah, dimana selama ini  Ka'bah hanya bisa dimasuki oleh orang-orang tertentu saja. Yang menarik, ada juga yang menyempatkan untuk sholat di dalam replika Ka'bah ini. Entah apa maksudnya. Di sisi lain, untuk non-muslim, replika ini juga menarik, karena di sinilah mereka bisa melihat seperti apa bentuk kiblat orang-orang Islam. Karena memang kota Mekah dimana Ka'bah ini berada hanya dapat dimasuki oleh orang muslim saja.


Di bagian tengah disediakan panggung untuk pertunjukan seni dan hiburan. Biasanya acara hiburan ini disuguhkan pada malam hari. Jadwal selengkapnya bisa dilihat di website www.fanarexpo.com

Pada bagian belakang, disediakan stand-stand khusus yang umumnya berhubungan dengan ke-khas-an negara Qatar. Seperti stand makanan khas Qatar yang didemokan cara memasaknya di lokasi pameran tersebut. Dan bila telah matang, makanannya dibagikan secara gratis untuk dicicipi.

Selain itu ada juga stand untuk melukis tangan dengan pacar (heina dalam bahasa Arab). Tidak ketinggalan, tersedia pula stand kaligrafi, dimana kita bisa mendapatkan tulisan kaligrafi nama kita dalam bahasa arab. Kedua layanan ini juga diberikan secara gratis.

Terakhir, di dekat pintu masuk juga ada stand yang memamerkan Al Quran dan buku-buku mengenai ajaran Islam dalam banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Tentu saja buku-buku tersebut juga dibagikan secara gratis.

Jangan lupa, sebelum keluar dari pameran, kita bisa menyerahkan kuesioner yang bisa diganti dengan souvenir-souvernir menarik.

Acara Fanar Expo ini juga dimeriahkan dengan pemecahan rekor Guinness Book of Record berupa Water Marbling terbesar. Water marbling ini adalah seni menggambar di atas air dengan menggunakan cat khusus. Setelah selesai, lukisan ini ditempelkan di kertas dan kemudian dikeringkan. Ini merupakan salah satu seni turun temurun dari zaman Dinasti Utsmaniyah.

Terlihat pengunjung pameran ini memang dari beragam suku bangsa dan agama. Selain wajah-wajah Melayu (Indonesia, Malaysia, Brunei), banyak juga orang-orang bule, Jepang, Filipina, dan lain-lain. Sehingga pameran ini terasa sama sekali universal, tidak eksklusif bagi agama atau pun suku bangsa tertentu saja. Mudah-mudahan event yang dikelola secara professional seperti ini bisa terus diadakan, sehingga dunia bisa melihat nilai-nilai positif dalam Islam.

1 komentar:

Master mengatakan...

"Visit ,Apply and Success in your Life"
Looking for a job in Dubai....Then Please visit www.gulfjob4u.com for more details....
100% Free Job Site
More than 5000 jobs
Daily Updation
Jobs Updates Dubai,Sharjah,Abu Dhabi,Al Ain,Ajman,Qatar,Doha,Saudi Arabia,Oman,Muscat,Kuwait
You will get your Dream Job Here
Visit Best website for Job

Post Top Ad