Budaya Qatar - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Budaya Qatar

Salah satu masalah yang sering ditemui oleh sebagian besar expat adalah Cultural Shock. Perbedaan kultur dan budaya dengan negara asal sering  membuat orang merasa gerah dan ingin pulang di awal kedatangannya di Qatar. Berikut ini beberapa budaya yang sering kita temui di Qatar dan berbeda dengan yang kita temui di Indonesia.

  1. Pria berpakaian panjang putih. Laki-laki di Qatar, terutama yang merupakan orang asli selalu menggunakan pakaian panjang berwarna putih. Pakaian ini terdiri dari celana panjang  di dalam dan baju panjang, mirip dengan pakaian yang sering kita lihat di foto-foto pejuang kita, seperti Pangeran Diponegoro dan KH Ahmad Dahlan. Baju ini dinamakan thoub Biasanya pakaian ini juga dilengkapi dengan sorbannya (ghutra) dan lilitan-atasnya yang hitam (oogal). Pakaian ini tidak hanya dipakai oleh orang lokal saja, banyak juga expat yang menggunakan baju serupa. Memang untuk yang belum biasa terasa agak risih, tapi lama-lama juga biasa.
  2. Wanita berpakaian serba hitam. Berkebalikan dengan lelaki, perempuan di Qatar berpakaian serba hitam, dari atas ke bawah. Pakaian yang disebut abaya ini dipergunakan sebagai pakaian luar. Biasanya pakaian biasa, seperti jeans, kaos, kemeja, dll  tetap dipergunakan di dalam pakaian hitam tersebut. Sebagai penutup kepala, wanita Qatar menggunakan kain panjang yang dibelit-belitkan sehingga menutupi rambut dan leher (sheila), yang di Indonesia disebut jilbab. Seperti halnya pakaian bapak-bapak, ibu-ibu Indonesia pun banyak yang menyukai pakaian abaya ini, karena simple dan cukup nyaman.Walaupun mungkin untuk yang baru datang ke Qatar hal ini akan dirasa kurang sreg.
  3. Mobil Putih. Bila di Indonesia warna mobil putih merupakan warna tidak favorit, maka di Qatar warna inilah yang justru banyak peminatnya. Beberapa tahun yang lalu, mobil-mobil di jalanan Qatar bisa dibilang mempunyai warna yang seragam, yaitu putih. Baru dua tahun terakhir ini banyak warna-warna baru bermunculan, sehingga warna mobil di jalanan lebih variatif. Apakah kecenderungan ini berhubungan dengan warna pakaian atau cuaca setempat? Kelihatannya belum ada yg melakukan studi lebih lanjut. Yang jelas, walaupun awalnya aneh, banyak juga expat yang mengikuti trend warna putih ini. Harga jualnya lebih bagus? Mungkin.
  4. Mendahulukan Wanita. Bila Anda berada di antrian panjang, lalu tiba-tiba ada yang nyelonong langsung ke barisan terdepan, bagaimana perasaan Anda? Di Qatar hal ini sering terjadi. Terutama apabila yang sedang antri adalah laki-laki, maka apabila ada wanita datang untuk urusan yang sama, maka wanita akan didahulukan. Trik ini pun banyak digunakan pria untuk mengindari antri dengan meminta istrinya yg maju.
  5. Ciuman. Bersalaman adalah hal sangat lazim dilakukan oleh kebanyakan orang bila bertemu. Tetapi Qatar memiliki hal yang unik, yaitu menyentuhkan hidung mereka beberapa kali bila bertemu teman sesama lelaki yang cukup dekat. Dan hal ini dilakukan dimana pun dan kapan pun. Pemandangan ini memang jarang ditemui di negara kita. Dan sejauh ini belum terlihat orang Indonesia yang mengkuti praktek ini dalam kesehariaannya.
Ada yang bisa menambahkan?

2 komentar:

Master mengatakan...

"Visit ,Apply and Success in your Life"
Looking for a job in Dubai....Then Please visit www.gulfjob4u.com for more details....
100% Free Job Site
More than 5000 jobs
Daily Updation
Jobs Updates Dubai,Sharjah,Abu Dhabi,Al Ain,Ajman,Qatar,Doha,Saudi Arabia,Oman,Muscat,Kuwait
You will get your Dream Job Here
Visit Best website for Job

Edarabia mengatakan...

Apply for New Jobs in Dubai and UAE
http://www.edarabia.com/jobs/

Post Top Ad