Tips Membeli furniture - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Tips Membeli furniture


Membeli furniture merupakan tantangan tersendiri di Qatar, karena pilihan memang tidak sebanyak yang ada di Indonesia. Selain itu, kalau pun ada, modelnya sering tidak cocok dengan selera Asia. Sebenarnya tempat-tempat pembelian furniture ini sudah pernah dibahas dua tahun yang lalu. Hanya saja seiring dengan berjalannya waktu, pilihanpun sudah semakin banyak. Berikut ini beberapa tempat membeli furniture, diurut berdasarkan abjad.

1. Al Shaheen
Ada beberapa toko Al Shaheen di Doha. Toko ini sebenarnya tidak hanya menyediakan furniture, tetapi juga perlengkapan rumah tangga, mainan, oleh-oleh dan sebagainya. Tetapi ada satu toko Al Shaheen yang menjual hanya furniture, yaitu toko yang berada di dekat Dasman Center, Airport road. Lokasinya di pojokan lampu merah sebelum crazy signal, kalau kita datang dari Toyota menuju patung pedang.

Toko ini menyediakan beragam furniture dengan harga yang sangat variatif. Kalau dibandingkan dengan toko-toko lain, memang harganya rada miring sedikit. Untuk perlengkapan kamar tidur, di sini cukup mahal. Mungkin karena model yang dijual adalah model full ukiran. Sedangkan untuk lemari buku, lemari pajang dan meja belajar, harganya lumayan oke.

2. American Home
Sesuai namanya, barang-barang yang dijual di sini memang kualitas Amerika dengan harga yg cukup tinggi. Sebenarnya pilihan barangnya juga tidak terlalu banyak. Kelihatannya yang dijual memang barang-barang eksklusif.

Lokasinya di dekat Jarir Bookstore atau Hyundaii Showroom yang ada di Salwa road.

3. Carrefour
Carrefour juga menjual beberapa perabot standard, seperti meja belajar, lemari buku dan lemari baju. Koleksi paling lengkap bisa ditemui di Carrefour Landmark.

4. Doha City
Doha City adalah toko perlengkapan rumah. Dengan ruang pajang yang terdiri dari lima lantai, pilihan di sini termasuk banyak. MUlai dari lantai dasar yang menjual beragam karpet dan kursi majelis. Sedangkan lantai dua menjual perlengkapan kamar mandi, taman dan dapur. Lantai tiga diisi dengan furniture ruang makan dan sofa. Sedangkanlantai paling atas adalah tempat furniture kamar tidur. Menariknya, harga di toko ini sedikit di bawah rata-rata toko sejenisnya.

Lokasi Doha City berada tidak jauh dari terminal bus Al Ghaneem. Kalau datang dari Boat R/A ke arah Al Fardan center (Ferrari), ambil jalan lurus terus sampai ketemu roundabout satu lagi, lurus saja. Tidak jauh dari situ Doha City sudah kelihatan di sebelah kiri jalan.

5. Giant
Seperti halnya Carrefour, Giant juga menjual beberapa furniture umum, seperti lemari buku.

6. Home Center
Home Center merupakan toko yang cukup populer untuk tempat mencari furniture. Apalagi sudah musim diskon, maka toko satu ini banyak diserbu orang. Memang model yang ditawarkan cukup menarik, walaupun dengan harga yang sedikti agak tinggi. Sampai-sampai apabila ada memasang iklan jual furniture second, sering nama toko ini dicantumkan. Seolah-olah sudah jaminan mutu.

Ada tiga lokasi Home Center di Doha, yaitu di City Center Mall, di Al Asmakh Mall (CenterPoint) dan di Musheireb, di bawah Jaidah Fly-Over. Ketiga toko tersebut mempunyai ruang pajang yang cukup luas, walaupun biasanya koleksi paling lengkap bisa ditemukan di CenterPoint. Tidak hanya furniture, toko ini juga menjual barang-barang kebutuhan tumah tangga seperti halnya Doha City.

7. Home R Us
Home R Us berada di Hyatt Plaza, di pojok yang paling dekat dengan Villagio Mall. Toko ini terdiri dari dua lantai yang koleksinya cukup mirip dengan Home Center. Secara umum, harganya mirip-mirip dengan Home Center. Memang koleksinya tidak sebanyak Home Center, tetapi cukup menarik untuk dilihat.

8. ID Design
Lokasinya ada di The Mall, di dekat Lulu Hyper. Barang-barang yang dijual rata-rata memiliki design minimalis. Harga yang dipatok cukup tinggi, karena memang barang yang dijual produksi Eropa.

9. Lulu
Di Lulu juga ada perabot. Tidak hanya meja belajar dan lemari, lulu juga mempunyai koleksi tempat tidur anak.

10. Nabco
Nabco bertempat di ujung jalan airport menuju Wakra.

11. Pan Emirates
Pan Emirates menjual beragam perabot, baik yang model minimalis maupun klasik. Designnya juga tidak kalah dengan Home Center dan Home R Us, dengan harga yang relatif miring. Sayangnya, koleksi yang dipajang di toko dua lantai ini sangat terbatas. Selain itu, untuk ke toko ini, kita benar-benar harus niat. Karena lokasinya di Salwa Road, dekat dengan PC One yang menjual peralatan Komputer.

12. Salwa (King Koil)
Kalau kita lihat di kanan-kiri jalan jalan Salwa, akan terlihat banyak toko furniture. Beberapa yang cukup punya nama antara lain King Koil, KA International, dan lain-lain. Untuk mengecek harganya, silahkan langsung berkunjung ke sana.

Ini adalah pasar khusus furniture. Apa saja ada di sini dengan harga yg sangat miring, tergantung kemampuan kita menawar harga. Selain itu, di sini juga kita bisa memesan furniture sesuai kemauan kita. Jadi tinggal bilang mau model apa, nanti dibuatkan. Mirip-mirip bengkel furniture yang banyak bertebaran di Indonesia.

Selain itu, di sini juga dijual beragam furniture refurbished. Furniture-furniture bekas, dirapikan lagi sehingga kelihatan baru. Tentu saja furniture tipe ini dijual dengan harga yg sangat miring.

Jangan lupa, kalau belanja di sini sekalian dipastikan apakah sudah termasuk biaya antar atau tidak. Kalau tidak maka kita juga harus kembali menawar harga sewa truk untuk membawa furniture tersebut ke rumah kita.

Lokasinya di Najma, tidak jauh dari Doha Cinema.

14. The One
The One ada di Villagio Mall, tidak jauh dari Virgin Megastore atau Carrefour. Barang yang dipajang mirip dengan ID Design, cantik, bagus, dan mahal.

15. Iklan Web
Selain belanja di toko, juga ada pilihan untuk belanja furniture di orang-orang yang melelang barangnya karena mau pindah atau sekedar ingin ganti suasana. Biasanya info ini didapatkan dari milis dan website lokal. Tetapi hati-hati sebelum membeli, karena banyak juga yang memanfaatkan situasi dengan menjual barang-barang mereka, bahkan lebih mahal dibanding beli baru.

BTW, mulai dari ini ada pameran furniture, International Furniture Design Expo (INFDEX) di Doha Exhibition Center sampai dengan hari sabtu yang akan datang. Berikut ini perngalaman nonton INFDEX tahun lalu.

Berikut ini peta lokasi toko-toko yang disebutkan di atas:


View Furniture Shops in a larger map

Tidak ada komentar:

Post Top Ad