Mabrouk! - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Mabrouk!

Hari ini merupakan hari yang sangat membahagiakan bagi para pendaftar haji yang akan berangkat dari Qatar. Setelah lebih dari sebulan merasakan serba ketidakpastian akan keberangkatannya, akhirnya sebagian besar pendaftar (terutama dari Indonesia) sudah mendapatkan sms dari komite haji Qatar mengenai kepastian berangkatnya mereka ke tanah suci.

Hal ini berawal dari pendafataran haji yang tahun ini berubah. Biasanya pendaftaran dilakukan melalui proses manual, sedangkan tahun ini berubah menjadi online. Selain itu, juga ada aturan bahwa expatriat hanya dapat mendaftar apabila telah berdomisili di Qatar minimal tiga tahun. Akhirnya ada sekitar 200 orang lebih dari WNI yang mendaftar lewat aplikasi online ini.

Setelah itu datanglah waktu pengumuman, dimana orang-orang yang masuk ke dalam quota dikirimi sms konfirmasi. Sayangnya, dari WNI hanya terdeteksi sekitar 60 orang saja yang mendapatkan sms dari sekitar 1200 pendaftar yang disetujui. Dari yang disetujui pun sepertinya difilter secara acak. Karena ada yg belum sampai 3 tahun di Qatar mendapatkan jatah, sedangkan juga ada yang lebih dari 3 tahun di Qatar belum juga mendapatkan sms.

Harapan terakhir adalah informasi dari komite haji yang datang ke pelatihan manasik haji di Fanar sabtu lalu yang menyatakan bahwa ada kemungkinan diberikannya tambahan quota dari Saudi Arabia dan pengumumannya adalah minggu ini. Walaupun sudah mulai banyak yang pesimis, informasi dari komite haji ini memberikan sedikit angin segar.

Dan akhirnya, pagi tadi banyak rekan-rekan yang mendapatkan sms mengenai kepastiannya, karena menurut berita di koran, Saudi memberikan 6000 quota untuk Qatar. Alhamdulillah, kami ikut berbahagia atas berita ini. Saya yakin banyak sekali yang ingin melaksanakan haji, tetapi Allah sudah menetapkan siapa saja yang diberikan undangan khusus ini. Mudah-mudahan kesempatan baik ini tidak disia-siakan dan semua yang berangkat diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menunaikan ibadah hajinya.

Berikut ini beberapa cerita yang saya rangkum dari perjalanan haji di tahun lalu. Semoga bisa memberikan gambaran untuk dapat bersiap diri dalam waktu yang sangat singkat ini.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad