Parkir Berbayar di Souq Waqif - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Parkir Berbayar di Souq Waqif


Di Qatar, sebagian besar tempat parkir umum tidak pernah dipungut bayaran, kecuali di beberapa tempat khusus, seperti bandara dan gedung parkir khusus yang di dekat Souq Najada. Walaupun di mall sekalipun, parkir selalu digratiskan.

Tetapi memang akhir-akhir ini, dengan bertambahnya jumlah pendatang dengan jumlah yang signifikan, lahan parkir menjadi suatu masalah tersendiri. Setiap pendatang baru datang selalu berusaha untuk mendapatkan SIM dan membeli mobil sendiri, karena layanan transportasi publik yang cukup minim. Hanya tersedia bis dan taksi, dan itu pun masih agak sulit ditemukan.

Mencari parkir akhir-akhir ini menjadi semakin sulit. Untuk mall, mencari parkir bisa memakan waktu setengah jam atau bahkan lebih. Sepertinya pemerintah Qatar mulai melihat kondisi ini dan mulai menerapkan parkir berbayar untuk lebih menertibkan perparkiran dan mem-filter kendaraan yang masuk ke suatu area parkir.

Penerapan pertama dilakukan di Souq Waqif yang memang merupakan tempat wisata yang sangat ramai di malam hari. Semakin malam, suasana Souq Waqif semakin ramai, terutama turis-turis atau orang lokal yang ingin menikmati suasana malam Doha.

Sejak sebelum Idul Fitri, parkiran Souq Waqif sudah dipasangi portal, walaupun beum berbayar. Tetapi tepat setelah lebaran, parkiran ini sudah mulai ditarik bayaran sebesar 3QR sekali masuk. Tetapi jangan harap ada tukang parkir yang mengatur mobil keluar masuk. Biaya tersebut memang hanya untuk sewa ruang parkir saja.

Tetapi antusias orang yang ingin masuk ke Souq ini tidak berkurang. Tidak jarang antrian malah terjadi di pintu keluar. Sedangkan untuk mencari parkir juga harus memutar beberapa kali, kecuali kalau kita datang agak awal.

Dengar-dengar beberpa mall juga akan mulai menerapkan parkir berbayar ini. Mudah-mudahan trend ini tidak melebar ke ruang-ruang parkir publik lainnya. Kalau ini terjadi, bisa2 harus ada anggaran khusus untuk parkir.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kok murah amir sih om 3QR (lama bebas?), kayaknya harus lbh mahal dan hrs jam2an. 15 menit gratis, lalu per 15 mnt 2QR, baru tuh mobil odong2 yg bisa seharian parkir di souq minggir dan mendorong org uk pergi & parkir seperlunya.

setuju smua parkir gedung/halaman bayar aja macm siti senter, pilagalo dan hayat. byar gak tll sumpek. kapan yah ;-)

dah gitu naik bus jg enak sih cm parfumnya itu macem2, mulai yg alami smp paris... fiuhhh...
wasslm

Syarif Achmad mengatakan...

Sepertinya ada tambahan 1QR/jam

Post Top Ad