Mozaic Shifting - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Mozaic Shifting


Ini tulisan pertama dari beberapa cerita mengenai suka duka pindahan rumah yang sudah menari-nari di kepalaku. Terus terang ada banyak hal yang ingin diceritakan, tetapi karena memang ini yang paling berkesan, maka akau masukkan di paling pertama.

Setahun sudah aku menempati apartemen yang sekarang. Seperti yang pernah aku ceritakan, aku pindah ke sini karena ada masalah dengan apartemenku yang dulu banget. Karena waktu yang sangat mendesak dan pilihan yang sangat sedikit, memang apartemen inilah yang terbaik pada saat itu.

Lain halnya dengan kondisi sekarang, dimana pilihan apartemen sangatlah banyak dengan harga yang merosot tajam. Maka akhirnya kami putuskan untuk mencari rumah yang lebih ideal dan Alhamdulillah karena banyaknya pilihan, kami pun bisa dengan mudah menemukan sebuah apartemen yang cukup nyaman dengan harga yang sangat reasonable.

Masalah selanjutnya adalah memberekan satu per satu urusan listrik/air dan telpon. Urusan pendaftaran listrik/air ke Kahramaa cukup mudah dan sederhana, tinggal datang dengan membawa surat dari landlord dan menunjukkan ID, maka proses pendaftaran pun bisa berjalan dengan cepat.

Lain halnya dengan pemindahan Qtel Mozaic. Seperti biasa, pengajuan bisa dilakukan di cabang Qtel. Aku sendiri memilih cabang Musheireb, karena buka 24 jam. Dan juga, seperti biasa, layanan di cabang ini tidaklah terlalu istimewa. Karena tidak tahu harus mengisi formulir yang mana, aku pun bertanya dan dari jauh si CS hanya menunjuk ke tumpukan formulir yang ada di depan pintu masuk. Singkat cerita, setelah mengisi formulir, pencatatan dilakukan di komputer oleh customer service, dan proses selesai kemudian aku diminta menunggu sekitar 3 hari untuk mendapatkan sms appointment.

Seperti yang sudah aku duga sebelumnya, sms appointment sampai ke HP-ku setelah 6 hari kemudian (bukan 3 hari seperti yang dijanjikan). Sms tersebut berisi detail permintaan dan tanggal appointment pemasangan Mozaic untuk 3 hari berikutnya. Tepat 3 hari kemudian, aku menunggu datangnya telpon dari teknisi yang biasanya menelpon di pagi hari untuk memastikan jam kedatangan. Akhirnya sekitar jam 10 pagi, telpon pun datang dari call center yang langsung menghubungkan aku ke teknisi. Teknisi pun berjanji akan datang sekitar tengah hari. Tetapi setelah menunggu, telpon pun tidak datang. Mendekati sore hari, datanglah telepon dari teknisi yang menyatakan bahwa instalasi tidak dapat dilakukan karena ada kendala teknis dan dia berjanji akan datang keesokan harinya.

Keesokan harinya, aku kembali mendapatkan telepon dari call center yang menanyakan progress instalasi. Karena memang belum ada telepon dari teknisi, aku pun cerita apa adanya. Barulah si teknisi menelepon lagi untuk menyatakan bahwa instalasi akan dijadwal ulang.

Lima hari kemudian aku mendapatkan sms dan telepon kembali untuk re-schedule instalasi keesokan harinya. Dan Alhamdulillah keesokan harinya instalasi berjalan lancar. Sayangnya (atau untungnya?), semua peralatan Mozaic diganti baru. Padahal aku sudah menunjukkan peralatan Mozaic-ku yang lama.

Di sore hari, ada telepon lagi dari call center yang menanyakan status instalasi. Aku bilang bahwa instalasi berjalan lancar, tetapi aku heran kenapa diberi alat baru, padahal yang lama masih ada. Dia tidak bisa menjawab dan aku pun diminta menelpon ke 115. Diterima oleh customer service bagian instalasi, aku ceritakan concern-ku. Sayangnya dia hanya bisa menjawab, bila ada masalah instalasi saja, sedangkan untuk hal tersebut dia juga tidak bisa menjawab dan aku disarankan untuk menelpon 111. Seperti biasa, untuk menghubungi 111 butuh waktu yang cukup lama dan aku pun menyerah.

Untungnya, setelah tagihan keluar beberapa hari kemudian, tidak ada biaya untuk pemindahan dan alat-alat Mozaic yang beru tersebut. Dan walaupun aku memindahkan dari tempat lama, aku tetap mendapatkan fasilitas seperti halnya customer Mozaic baru, yaitu dibukanya semua channel TV selama 2 bulan secara gratis.

Kesimpulannya, memang ada niat baik dari manajemen QTel untuk membenahi layanannya dalam rangka berkompetisi denganVodafone dengan adanya follow-up call dan sms reminder. Tetapi sayangnya kesiapan SDM memang masih jauh dari harapan.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad