Layanan Rumah Sakit di Qatar - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Layanan Rumah Sakit di Qatar

Tertarik kasus yang terjadi kepada Ibu Prita yang mendapatkan masalah setelah menyampaikan keluhannya terhadap RS OMNI International lewat email, aku pun mencoba menelusuri bagaimana cara terbaik menyampaikan keluhan bila menemukan kejanggalan dalam pelayanan kesehatan di Qatar.

Di tulisan sebelumnya, review terhadap beberapa rumah sakit dan klinik di Qatar sudah disampaikan. Begitu pula kesanku terhadap layanan rumah sakit umum yang dikelola oleh Hamad Hospital yang merupakan jaringan rumah sakit milik pemerintah Qatar. Cuma memang belum pernah aku temukan mekanisme pelaporan. Tahu sendiri, layanan di Qatar sering mengejutkan. Kadang-kadang sangat baik, dan kadang-kadang nggak jelas.

Untuk urusan makanan, pemerintah Qatar bisa diacungi jempol. Begitu ada laporan masalah kesehatan di suatu restoran ataupun toko yang melanggar standar kesehatan, langsung dicek dan bila perlu ditindak lalu ditutup. Apalagi yang dikenai kasus adalah masyarakat pribumi.

Sedangkan di bagian kesehatan bisa kita lihat di website Hamad Hospital, dengan jelas tertera secara detil mengenai hak dan kewajiban pasien. Begitu pula disediakan kontak bila ingin mengajukan komplain, ada bagian khusus yang menangani, yaitu patient relation section. Selain Hamad, Al Emadi Hospital juga menyediakan layanan untuk menyampaikan keluhan. Bagaimana tindak lanjut suatu laporan? Aku sendiri belum ada pengalaman. Sedangkan untuk klinik dan rumah sakit lainnya, tidak menyediakan saluran khusus untuk komplain.

Lalu bagaimana dengan departemen kesehatan? Tidak banyak yang bisa ditemui di website National Health Authority. Mungkin karena website ini memang baru dibuat. Cukup banyak informasi yang sudah dimasukkan di sini, termasuk untuk mencari dokter dan apotek. Sayangnya, di bagian public health, masih tertulis "Coming soon". Mudah-mudahan pemerintah bisa menyediakan saluran khusus untuk melaporkan rumah sakit, klinik, ataupun dokter yang tidak bekerja sesuai dengan prosedur.

Ada yg punya pengalaman khusus bagaimana penanganan komplain di rumah sakit Qatar?

Tidak ada komentar:

Post Top Ad