Menengok Qatar di Masa Depan - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Menengok Qatar di Masa Depan

Diluar kondisi ekonomi dunia yang tidak terlalu bagus, Qatar merupakan salah satu negara yang terus gencar melakukan pembangunan, terutama di sisi infrastruktur. Kalau mendengar cerita rekan-rekan yang sudah lama di Qatar, situasi Qatar tujuh tahun yang lalu sangat berbeda dengan sekarang. Dengan adanya proyek-proyek ini, bisa dibayangkan bagaimana bentuk Qatar tujuh tahun ke depan. Tentunya akan sangat jauh berbeda. Mudah-mudahan saja proyek-proyek itu bisa berjalan dengan baik dan tepat waktu.

Diluar banyaknya pembangunan gedung-gedung bertingkat, mal-mal besar dan infrastruktur jalan, ada banyak sekali mega proyek yang berjalan di Qatar pada saat ini dan menarik untuk diikuti, berikut ini beberapa diantaranya:
  • New Doha International Airport - Proyek besar ini sudah dimulai sejak 2004 dan terus berkembang sampai saat ini. Diharapkan, pada phase terakhir, bandara yang berukuran 22 km persegi ini diharapkan akan bisa melayani 50 juta penumpang, 2 juta ton kargo dan 320ribu pesawat per tahun. Rencananya bandara ini akan dibuka pada Juli 2011. BTW, ada banyak orang Indonesia yang bekerja di proyek ini.

  • Doha Metro - Salah satu masalah utama di Qatar adalah transportasi publik, dimana hanya ada bus dan taksi saja. Dan sejauh ini kedua moda angkutan ini masih kurang reliable. Pemerintah Qatar bekerja sama dengan perusahaan kereta api Jerman sudah memulai proyek pembangunan jaringan kereta untuk melayani warga di wilayah Doha dan sekitarnya. Diharapkan proyek ini bisa selesai di tahun 2015.

  • Qatar - Bahrain Causeway - Negara Qatar berbatasan wilayah darat hanya dengan Saudi, sehingga untuk menjangkau Bahrain dan UAE lewat darat, selalu harus melintasi wilayah Saudi. Untuk itulah, pemerintah Qatar dan Bahrain bekerjasama untuk membuat jembatan penghubung antara kedua negara lewat laut. Mungkin kalau di Indonesia mirip-mirip jembatan Suramadu. Jembatan sepanjang 45 kilometer ini akan melayani berbagai jalur transportasi, antara lain mobil penumpang biasa, truk, bus dan kereta. Renacanya proyek ini selesai di tahun 2013.

  • Entertainment City - Saat ini memang hiburan di Qatar sangat terbatas. Ada tempat hiburan yang bernama Aladdin City, tetapi sejauh ini tidak ada yang merekomendasikan tempat ini. Makanya Qatar membuat Entertainment City yang berlokasi di Losail. Tempat ini akan menjadi "Disneyland"-nya Qatar. Entertainment City ini akan berisi beragam theme park, antara lain Snow City, Water Park, Rainforest, dll dengan luas total 50 ribu meter persegi.


  • Sidra Medical & Research Center - Qatar mempunyai ambisi untuk menjadi salah satu pusat pelayanan kesehatan di daerah Timur Tengah. Sehubungan dengan itu, saat ini sedang dibangun sebuah pusat penelitian yang dinamakan Sidra Medical & Reserach Center. Diharapkan fasilitas yang akan dilengkapi alat-alat kesehatan serba canggih ini akan menjadi pusat penelitian kesehatan. Rencananya Sidra akan dibuka pada tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad