Kunjungan ke Penjara Rayyan - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Kunjungan ke Penjara Rayyan

Berikut ini laporan pandangan mata ditulis oleh Pak Isham dan Pak Ali saat mengunjungi Penjara Rayyan. Tulisan ini diambil dari milis ZisQatar. ZisQatar adalah salah satu lembaga yang dibentuk untuk mengumpulkan zakat, infaq dan shodaqoh terutama untuk masyarakat Indonesia yang ada di Qatar. Untuk menghubungi tim ZisQatar, bisa langsung masuk ke websitenya.

Hari Jum'at tanggal 22/05/09 yang lalu, tim Zisqatar yang terdiri dari Ustad Muchlis, Pak Ali, Pak Wemphy, Pak Dike, dan saya sendiri, berkunjung ke Penjara Polisi Rayyan untuk menjenguk sekaligus menyalurkan bantuan kepada 10 orang TKW Indonesia yang ada disana.

Dalam kesempatan ini, tim Zisqatar menyalurkan sebagian dana yang telah Bapak / Ibu amanahkan kepada Zisqatar yang mana dana tersebut kami belikan kebutuhan sehari-hari berupa sabun, sampo, odol, sikat gigi, makanan kecil, handuk, dan keperluan wanita. Perlu diketahui bahwasannya kebutuhan2 tersebut tidak disediakan oleh pihak penjara, sedangkan untuk membeli juga tidak memungkinkan karena ketidakadaan dana dan penjual disana.

Insya Allah, tim Zisqatar berencana akan merutinkan kunjungan ini, dan sasaran berikutnya adalah penjara wanita pusat dimana menurut informasi, ada sekitar 25 orang TKW yang sedang ditahan disana.
Berikut ini tambahan dari yang lain

Sedikit menambahkan apa yang telah ditulis Pak Isham, bahwa kondisi saudari2 kita memang cukup menyedihkan. Ruangan tempat tinggal mereka hanya sekitar setengah porta-camp (kira-kira 5x5 m2. Diisi sekitar 20 orang. Ngga ada jendela. Bisa kita bayangkan jika kita tinggal beberapa hari, minggu, atau bahkan bulan disana betapa sesak dan menyesakkan. Mereka ngga tahu sampai kapan ada di sana, mereka juga nyaris ngga ada komunikasi dengan dunia luar. Mereka ngga tahu harus berbuat apa. Ironisnya mereka ngga ada perlengkapan mandi, juga keperluan wanita, kecuali ada yang memberi. Bahkan ada diantara mereka yang pakaiannya hanya yang melekat dibadan karena pakaiannya tertinggal di majikan. Kalau bukan ada rekan atau orang lain yang meminjami atau memberi pakaian maka yang seperti ini kesulitan sekali hanya mengenakan pakaian yang melekat dibadan berhari-hari.

Kenapa mereka masuk penjara? Banyak sebabnya. Ada yang karena kesalahan mereka sendiri, namun ada pula yang karena mereka didholimi majikannya. Pagi ini saya dapat telpon dari rekan kita di Salata Qadeem, beliau melaporkan ada salah satu khodamah kita melarikan diri dari majikannya yang tinggal di lantai 6 flat/apartemennya. Khodamah tersebut dipukuli majikannya dan berhasil lari. Begitulah, kadang saudari2 kita masuk penjara karena lari dari majikannya seperti itu. Ada juga yang masuk penjara karena difitnah mencuri misalnya. Namun ada yang lebih ironis, sudah dianiaya hingga sakit telinganya, bukan ke rumah sakit dikirimnya tapi ke kantor polisi dan berujung masuk penjara.

Begitulah, kalau bukan kita yang membantu saudari2 kita siapa lagi ? Biarlah meski hanya "setetes air", mudah2an bantuan dan perhatian kita mengurangi kehausan saudari-saudari kita, yang di penjara. Mereka jumlahnya cukup banyak. Oleh karena itu, tim zisQatar dengan senang hati terus menerima titipan amanah baik berupa zakat, infaq-shodaqoh maupun bantuan kemanusiaan.

Terima kasih kepada para Muzakki, mudah2an tim zisQatar diberi kekuatan lahir bathin dalam menjalankan amanahnya, dan penyalurannya tepat sasaran. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah antum dan kita semua. Amien.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

pekerjaan yang mulia,smoga Alloh memberkahi dan meridhoi antum.Kalau bisa bantuan hukum sakalian. Salut atas perjuangan antum.

pasang iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

salam kenal mas....
nice blog.....
postingannya bagus....
semoga sukses terus dengan apa yang mas perjuangkan

Post Top Ad