Cek Mobil Bekas - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Cek Mobil Bekas

Dengan banyaknya expat yang datang ke Qatar dan ditambah dengan minimnya sarana transportasi publik, penjualan mobil terus menunjukkan angka yg meningkat. Tidak hanya mobil baru, mobil bekas pun diincar. Apabila pembeli cukup pintar memilih dan sabar menanti "barang bagus", pembelian mobil bekas juga lumayan menguntungkan. Hal ini dikarenakan harga mobil bekas yang cukup terpaut jauh dengan mobil baru. Rata-rata mobil bekas dengan umur setahun dijual sekitar 20 persen lebih murah dari mobil baru. Ini juga tergantung merk dan kondisi mobil tersebut.

Tapi bagaimana untuk tahu kondisi mobil? Tidak semua orang punya keahlian untuk melakukan pengecekan ini. Untungnya di Qatar ada banyak bengkel yang menyediakan layanan pengecekan mobil bekas. Bengkel-bengkel ini umumnya berlokasi di Salwa road. Jadi kalau kita datang dari arah Ramada Hotel, tinggal menyusuri Salwa road sampai dengan roundabout terakhir. Setelah roundabout ini jalan masih ditutup untuk perbaikan. Di sekitar bundaran terakhir inilah kita bisa menemukan banyak showroom mobil bekas dan bengkel-bengkel yang bertuliskan "Checking all types of car".

Dengan biaya standard sebesar 200QR per mobil, mereka akan memeriksa semua bagian mobil. Yang pertama diperiksa adalah kondisi mesin. Mereka akan mengecek kondisi mesin menggunakan suatu alat lalu melihat kondisi fisiknya, apakah ada bagian yang bocor, atau ada belt yang harus diganti, dan lain-lain.

Setelah itu, mereka akan memeriksa bagian bawah mobil untuk melihat gejala kebocoran, kerusakan di suspensi, dan sebagainya. Mereka juga melakukan pengecekan terhadap bodi mobil. Mereka akan memberi tahu mana bagian cat yang asli dan mana bagian yang sudah ditambal karena kecelakaan.

Terakhir, mobil akan dibawa road test untuk mengecek performa mesin dan rem secara umum. Dari situ akan dikeluarkan semacam kertas laporan hasil inspeksi mengenai apa saja plus minus yang ada di mobil tersebut.

Dengan harga 200QR, layanan ini layak untuk dilakukan sebelum membeli mobil bekas untuk menghindari kerugian yang lebih besar bila ternyata mobil yang dibeli tidak sesuai harapan.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad