Books Hunting - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Books Hunting

Ketersediaan buku di Qatar termasuk cukup minim. Maksudnya di sini adalah buku-buku berbahasa Inggris. Jumlah toko buku yang menjual buku berbahasa non-arab bisa dibilang tidak banyak, dengan koleksi yang juga terbatas.

Tetapi itu terjadi sekitar dua tahun yang lalu. Akhir-akhir ini cukup banyak toko buku yang dibuka dengan koleksi buku terbaru yang lumayan. Walaupun untuk mencari buku-buku dengan topik tertentu yang tidak terlalu populer tetaplah sulit.

Persaingan ini terus berlanjut dengan dibukanya cabang baru Jarir Bookstore di Ar Rayyan road. Dengan bangunan yang cukup luas, mudah-mudahan ke depannya toko buku ini bisa menyediakan koleksi buku-buku yang lengkap.

Berikut ini daftar toko buku yang menjual buku-buku non-arab:

1. Jarir Bookstore

Saat ini ada dua cabang Jarir Bookstore di Doha, yaitu di Salwa Road dan Ar Rayyan Road. Jarir yang berada di Salwa road berlokasi tidak jauh dari perempatan Ramada, sehingga sangat mudah untuk dijumpai. Toko ini sudah cukup lama berdiri, dan dulunya merupakan satu-satunya toko yang menjual buku berbahasa non-arab dengan koleksi yang lumayan lengkap. Toko ini menyediakan buku-buku dari segala bahasa dan topik. Mulai untuk anak-anak, remaja sampai dewasa. Mulai dari buku sekolah sampai dengan buku fiksi. Dengan slogan "not just a bookstore", toko ini juga menjual alat tulis, perlengkapan kantor dan komputer serta asesorisnya. Sayangnya untuk mendapatkan parkir di sini cukup sulit, sehingga mobil kadang-kadang harus diparkir jauh dari pintu utama. Yang unik, Jarir bookstore juga menyediakan browsing chair, dimana kita bisa membaca sekilas buku yang ingin kita beli dengan nyaman di sana.

Selain itu, Jarir baru saja membuka cabang baru di Ar Rayyan Road. Lokasinya di dalam kompleks Family Food Center yang sudah cukup lama berdiri. Gedung Jarir yang baru ini relatif lebih besar daripada Jarir Salwa, dengan komposisi yang sama, dimana lantai satu berisi asesoris
dan lantai dua berisi buku. Selain itu, saat ini untuk mencari parkir cukup mudah. Mungkin karena belum banyak yang tahu lokasi baru ini. Berdasarkan pemantauan sekilas, koleksi peralatan komputer dan alat tulis relatif lebih lengkap di sini. Sedangkan untuk koleksi buku, masih belum selengkap Jarir Salwa. Enaknya, Jarir baru ini dekat dengan Family Food, jadi bisa sekalian belanja bahan pangan. Ke depannya akan ada Max (toko pakaian) dan eMax (toko elektronik) di lokasi yang sama. Jadi lengkap deh.

2. Virgin Megastore

Virgin Megastore juga memiliki dua cabang, yaitu di Villagio Mall dan di Landmark Mall. Kedua-duanya berlokasi tidak jauh dari Carrefour masing-masing mall. Virgin mendisplay buku-buku yang berbahasa Inggris saja. Dan itu pun sebagian besar merupakan buku-buku populer.
Sepertinya tidak ada buku untuk sekolah. Selain buku, toko ini juga menjual kamera, elektronik, alat musik dan permainan.

3. iSpy Booksshop

Toko buku kecil ini berlokasi di Mall City Center. Lokasinya memang agak terpencil di belakang toko hobi di lantai 3. Walaupun kecil, toko ini cukup lengkap, terutama untuk buku-buku sekolah. Ada banyak text book yang sering dipakai sekolah di sini. Selain itu, toko ini juga
menyediakan beberapa alat peraga sekolah yang belum tentu bisa ditemukan di toko lainnya.

4. Rawnaq Trading

Toko ini dikenal dengan toko alat tulis yang sangat lengkap dan murah. Ada beberapa Rawnaq di Doha, diantaranya di Airport, Bin Omran, Souq (ada dua) dan Markhiya. Yang di airport cukup mudah ditemukan, karena berada di pinggir jalan utama dan dekat dengan toko Jakarta. Begitu pula yang di Markhiya. Tokonya berada di deretan toko sekitar Markhiya roundabout. Sedaangkan yang berada di Souq, tidak jauh dari Al Fanar. Lokasinya cukup mudah ditemukan, walaupun crowded. Tetapi yang di Bin Omran agak sedikit tertutup oleh KFC. Lokasinya berada di seberang jalan rumah sakit Al Ahli, di dalam kompleks pertokoan di sana. Uniknya, lokasinya juga di bawah tanah.

Rawnaq yang di souq hanya menjual asesoris.Sedangkan yang berada di airport, Bin Omran dan Markhiya menjual alat-alat tulis dan buku. Koleksi bukunya memang tidak banyak dan umumnya adalah buku agama Islam. Tetapi yang menarik adalah tersedianya buku berbahasa Indonesia di sini.

5. Qatar Guest Center

Kalau membutuhkan buku mengenai agama Islam, bisa datang ke QGC ini. Di sini ada buku yang gratis maupun bayar. Dan tersedia buku dalam beragam bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Khusus mengenai QGC ini pernah di bahas di posting sebelumnya.

Berikut ini peta lokasi toko-toko buku tersebut.

View Toko Buku in a larger map

Tidak ada komentar:

Post Top Ad