Serba Serbi Pemilu - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Serba Serbi Pemilu

Pemilu caleg sudah usai. Di Qatar sendiri pemilu dilaksanakan terpusat di KBRI Doha. Sedangkan untuk daerah-derah lain, sepertik Messaieed/Wakrah, Al Khor dan Dukhan, surat suara dikirim melalui kurir.

Berapa jumlah pemilih di Qatar?

Jumlah penduduk Indonesia di Qatar tercatat sejumlah 24.586 orang pada Januari 2007 (Data dari KBRI). Saat ini tentu saja jumlahnya sudah jauh lebih banyak, karena jumlah tenaga kerja Indonesia yang datang ke Qatar terus meningkat secara signifikan. Total jumlah suara yang masuk adalah 2320, termasuk yang tidak sah. Berarti partisipasi masyarakat tidak mencapai 10%. Ini bisa dipahami, karena banyaknya kendala buat rekan-rekan yang bekerja di sektor informal, dimana jumlah mereka lah yang paling banyak.

Untuk hasil detil Pemilu 2009 di Qatar, dapat dilihat di website Pemilu 2009.


Dalam waktu dekat, yaitu 8 Juli 2009, akan ada pemilu presiden. Kalau dilihat dari data di atas, masih banyak warga yang belum memilih, karena beragam kendala. Di antara kendala-kendala tersebut adalah karena mereka belum terdaftar di daftar pemilih tetap. Bagaimana agar mereka bisa memilih pada Pemilu presiden mendatang?
Untuk warga yang belum terdaftar, bisa mendaftarkan diri secara online di website Pemilu 2009. Di website tersebut tersedia fasilitas untuk mengecek apakah seseorang sudah terdaftar atau belum, dan sekaligus melakukan pendaftaran ulang, bila diperlukan.

Pada waktu yang bersamaan, banyak juga warga yang pulang ke Indonesia untuk liburan summer. Lalu, bagaimana agar mereka tetap bisa memilih di Indonesia?
Panitia Pemilu 2009 Qatar juga memberikan fasilitas untuk mengajukan permohonan pembuatan surat pindah, agar bisa mencontreng di Indonesia. Hal ini juga bisa dilakukan secara online lewat website Pemilu 2009.

Kalau ada pertanyaan lain, silahkan kontak panitia pemilu 2009 yang ada di website.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad