Pilihan Perjalanan Umrah - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Pilihan Perjalanan Umrah

Beberapa waktu yang lalu, pada saat liburan sekolah kota Doha sempat sunyi senyap. Jalanan pun lengang. Memang waktu liburan spring banyak dimanfaatkan oleh muslim di Qatar untuk menunaikan ibadah umrah. Untuk warga Indonesia sendiri, umrah dilakukan secara berombongan, baik dengan menggunakan bus, naik pesawat terbang, atau pun menyetir mobil sendiri.

Memang ada kelebihan dan kekurangan diantara pilihan-pilihan tersebut dan sangat tergantung kepada kecenderungan masing-masing orang. Baru saja ada rekan sekantor yang bercerita mengenai pilihan lain untuk berumrah, yaitu membawa mobil plus naik pesawat. Bagaimana caranya?

Pada prinsipnya, visa yang diajukan adalah visa umrah lewat darat, karena memang perbatasan Qatar-Saudi akan dilewati jalan darat. Perjalanan darat hanya dilakukan dari Qatar sampai dengan Dammam. Selanjutnya mobil diparkir di bandara Dammam dan perjalanan dilanjutkan dengan pesawat ke Jeddah atau Madinah.

Perjalanan ini menjadi pilihan yang menarik, karena dari sisi biaya cukup irit. Penerbangan lokal di Saudi terbilang murah, terutama bila dibandingkan dengan naik pesawat langsung dari Qatar menuju Jeddah. Selain itu, metode ini relatif lebih aman, karena tidak perlu menyetir sejauh 3500km. Hanya perlu membawa mobil sejauh 4-5 jam saja ke Dammam.

Memang ada resiko di sini, bahwa ada yang mengatakan bahwa cara ini tidak diperbolehkan, dimana seseorang naik kendaraan untuk menyeberang border dan dilanjutkan dengan pesawat. Kalau ternyata tidak boleh terbang bagaimana? Untungnya rekan ini sudah mempersiapkan plan B, yaitu bila tidak bisa terbang, dia akan membatalkan tiket dengan dikenai biaya 100SR per tiket dan melanjutkan perjalanan ke Mekah lewat darat. Walaupun ternyata tidak ada pengecekan di bandara Dammam dan dia bisa melakukan umrah sesuai rencana.

Tertarik untuk mencoba?

Tidak ada komentar:

Post Top Ad