Qtel Guide for Faster Internet - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Qtel Guide for Faster Internet

Kemarin Qtel meluncurkan panduan untuk para pelanggannya yang dinamakan "Qtel's Guide to a FasterInternet Experience". Nama dokumen ini lumayan menarik, yaitu bagaimana berinternet dengan lebih cepat.

Isinya pun lumayan. Mulai dari cara setting modem yg beberapa kali didiskusikan di milis Tentang Qatar, Teori sharing file peer-to-peer, keamanan berselancar, sampai dengan cara melakukan beberapa konfigurasi di komputer agar bisa bekerja lebih cepat.

Tetapi, kelihatan sekali titik berat dokumen ini adalah sisi file sharing dan penyebaran virus. Sedangkan materi yang lain hanya dibahas sekilas saja. Bahkan pada bagian PC tweak (cara meingkatkan performa komputer), tidak ada solusi nyata yang diberikan -- dan tentu saja sangat teknikal untuk pengguna awam.

Kemungkinan besar Qtel sering mendapatkan komplain karena lambatnya jaringan dikarenakan banyaknya orang yang menggunakan internet untuk mendownload file lewat jaringan peer-to-peer yang lebih sering dikenal dengan istilah torrent. Apalagi apabila file yang diunduh adalah file film dalam DVD format, maka ukurannya sangatlah besar. Selain itu, penyebaran virus juga membuat jaringan menjadi sangat lambat, karena beberapa jenis virus bisa menggandakan diri dengan sangat cepat.

Paling tidak untuk versi awal, dokumen ini sudah cukup bagus. Mudah-mudahan tidak berhenti di sini saja, tetapi terus ditambah bobot isinya. Tetapi bagaimana impactnya? Mengingat tidak banyak orang yg suka membaca dokumen yang isinya tulisan thok.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad