Don’t Call Until You Arrive - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Don’t Call Until You Arrive

Dua hari ini di bundaran Civil Defense ada pemandangan yang berbeda dari biasanya. Tepat di bundarannya ada segitiga pengaman yang berwarna merah dipasang melingkari pohon yang ada di teng bundaran tersebut. Selain itu ada juga spanduk besar bertuliskan "Don’t call until you arrive".

Tidak jauh dari tempat itu, ada "display" yang mempertontonkan kendaraan-kendaraan yang ringsek karena kecelakaan. Kendaraan-kendaraan itu sengaja diletakkan di tempat yang agak tinggi agar kelihatan dari jauh. Di sekitar situ juga bertebaran bendera-bendera negara teluk (GCC).

Ini dibuat dalam rangka The 25th GCC Traffic Week dimana tema utama tahun ini adalah larangan menelpon saat mengendarai mobil. Walaupun ada aturan yang keras mengenai larangan menelpon saat berkendara, tetap saja sering kita temui orang membawa mobil sambil menelpon. Ada yang pakai bluetooth ada juga yang langsung memegang handphone sambil berakrobat mengendarai mobil.

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu kegemaran orang lokal adalah ngobrol, baik itu di kantor, di mall, di jalan, dan tentu saja di mobil. Minggu lalu aku sempat dua kali menempuh perjalanan jauh dari Doha ke Dukhan dan Ras Laffan bersama salah satu rekan kerja yang orang lokal. Perjalanan satu jam lebih itu dihabiskan dengan ngobrol di handphone. Aku Untungnya waktu itu kita disopiri oleh sopir dari kantor, jadi aku tidak kuatir,

Cuma masalahnya apabila dia menelpon sambil nyetir, dan kecelakaan terjadi karena faktor kelengahan atau konsentrasi yang pecah saat menelpon, hal ini sangatlah disayangkan. Pemerintah juga melakukan kampanye ini karena melihat tingginya tingkat kecelakaan yang disebabkan oleh hal ini. Tentu saja peringatan ini untuk semua orang, karena tidak jarang juga orang Indonesia yang menggunakan telepon sambil memencet GPS dan dalam waktu yang sama mengendarai mobil dan mencatat sesuatu di PDA-nya. (Bisa ngebayangin, nggak?)

Jadi, drive safely.
Don’t Call Until You Arrive

Tidak ada komentar:

Post Top Ad