Tips Seputar Tiket Pesawat - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Tips Seputar Tiket Pesawat

Walaupun liburan summer masih lima bulan lagi, para expat Indonesia di Qatar sudah mulai ancang2 untuk mempersiapkan liburan, yang umumnya berencana untuk pulang kampung ke Indonesia. Aku sendiri sempat posting bbrp informasi mengenai bagaimana mendapatkan tiket murah, eTicket, cara menghemat tiket pesawat dan review Emirates Airline. Nah, berikut ini beberapa tips dari (lagi2) Pak Indra mengenai strategi pemesanan tiket pesawat udara.

Apa yang mempengaruhi harga Tiket Pesawat?
  1. Waktu Pesan, semakin jauh hari keberangkatan, semakin besar kesempatan untuk mendapat tiket murah
  2. Waktu Validasi, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun. Semakin pendek waktu valid tiket, maka harganya akan semakin murah.
  3. Refundable or non refundable. Tiket dengan kondisi non-refundable (tidak bisa ditukar uang/dikembalikan) lebih murah dibanding tiket refundable.
  4. Endorseable or Non Endorseable. Non Endorseable (tidak bisa ditransfer ke pesawat lain) lebih murah.
  5. Fix date or Non Fixed Date. Fixed date lebih murah.
  6. Direct Flight or Stop Over. Direct Flight lebih mahal. Contoh Tiket Qatar Airways lebih mahal daripada tiket pesawat lain.
  7. Season. Peak Season (Summer, End Year, Haj) lebih mahal dari pada Low Season.
  8. Cabin Class. Kelas ekonomi juga masih terbagi lagi ke beberapa sub class seperti K, L, M, B, Q. Biasanya Q (quebec) class adalah kelas aling murah, tapi biasanya kurang fleksibel kalau kita mau ganti jadual atau terpaksa tambah biaya untuk di upgrade ke kelas ekonomi yang lebih tinggi, misalnya Economic class L atau M.
Bagaimana memesan tiket pesawat ke Indonesia di Qatar ?
  1. Lewat Travel Agent, seperti Mannai, Regency, Al-Deera dll. Di Qatar agen2 ini biasanya mengambil service charge 100 - 200 QR per tiket. Adapun keuntungan dengan cara ini adalah biasanya lokasi dekat dengan rumah dan bisa minta dicarikan alternatif tiket pesawat lain yang ada.
  2. Lewat Internet. Bisa di www.emirates.com atau www.qatarairways.com atau www.etihadairways.com. Keuntungan cara ini adalah bahwa kita ebih fleksible dalam memilih tanggal, lihat jadual penerbangan, pilih seat, bahkan memilih menu makanan dan kegiatan ini dapat dilakukan darimana saja. Selain itu, tidak ada biaya service charge travel agent. Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan Credit Card atau datang ke Kantor Airline ybs. Begitu juga dengan konfirmasi, bisa dilakukan secara On Line maupun Direct.

Memesan Tiket Pesawat dari Indonesia ke Qatar.

Pemesanan tiket pesawat dari Indonesia ke Qatar sebaiknya dilakukan dari Travel Agent yang ada di Indonesia, harganya seringkali lebih murah daripada kalau beli di Qatar. Selain itu, memesan dari Indonesia juga lebih fleksible kalau terpaksa tukar jadual atau batal tiket.

1 komentar:

Ninin mengatakan...

Bisa kasik tau travel agentnya, please... sent to me on ninindahlan.marchant@gmail.com
Many thanks

Post Top Ad