Pengalaman Bayar Listrik - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Pengalaman Bayar Listrik

Seperti halnya di Indonesia, membayar listrik +air juga merupakan kegiatan rutin tiap bulan di Qatar. Kalau di Indonesia anatara PLN dan PAM terpisah menjadi dua entiti, di Qatar pelayanan listrik dan air dilakukan oleh satu perusahaan, yaitu Kahramaa. Konon "kahra" itu maksudnya dalam bahasan Arab adalah listrik, dan "maa" adalah air.

Nah, pertama kali mendapatkan tagihan, tentunya kita sempat bingung. Dimana membayarnya? Di Indonesia, kita bisa dengan mudah bisa menemukan loket2 pembayaran PLN, baik di kantor PLN, Bank tertentu atau ATM.

Terus terang, aku sendiri mencadi metode pembayaran se-efisien mungkin. Jadi daripada membawa mobil jauh2 ke kantor Kahramaa, aku prefer untuk cari solusi di dekat rumah.

Pertama aku datang ke kantor pos kecil dekat rumah. Sayangnya begitu aku datang ke kantor pos tersebut, pembayaranku ditolak. Ternyata membayarnya harus di kantor pos besar atau Qpost pusat yg di dekat Corniche..

Lalu aku pulang dan dapat ide untuk mencoba internet banking QNB. Dan ternyata cukup ribet, karena harus mendaftarkan nomor beserta data2 secara lengkap. Nggak tahu kenapa QNB membuat pembayaran ini begitu njelimet.

Terakhir aku coba internet banking DohaBank. Ternyata sangat mudah. Dengan hanya memasukkan nomor pelanggan, otomatis rekening kita langsung dipotong dan jumlah pemakaian kita bulan tersebut langsung keluar. Tentu saja ada bagian konfirmasi untuk memastikan bahwa kita tidak membayarkan rekening Kahramaa orang lain.

Terus, berapa biayanya? Listrik dan air sekitar 250QR per bulan. Murah apa mahal, ya?

5 komentar:

fauzul mengatakan...

kenapa nggak pakai hukoomi aja pak ?
bayar via kartu kredit dan online.. :)

Syarif Achmad mengatakan...

seingat saya, saya juga sudah coba Hukoomi, tetapi dia minta nomor RP kalo nggak salah. Sedangkan bill listrik saya pakai nama landlord.

Anonim mengatakan...

oalah.... pakai nama landlord ya...
hati2 lo pak. takutnya anda deal apartmentnya nggak sama landlord asli. tapi orang ketiga.

kalau ada apa2 Pak Syarif yg kasian nanti disuruh pindah.

kalau ditempat saya, deal dengan landlord dan memang mereka menguruskan ke kahramaa untuk mengatasnamakan tagihan atas nama saya.

btw URL hukoomi untuk bayar air listrik :
https://www.gov.qa/wps/portal?New_WCM_Context=/wps/wcm/connect/cnt/EN/1_Home/16_eServices/SA_ESERVICE_BILL_PAYMENT/

Syarif Achmad mengatakan...

@Anonim, thanks warningnya. Mudah2an tidak ada kejadian yg tidak mengenakkan.

Anonim mengatakan...

Amin......Amin... Amin.. Ya Robbal Alamin

Post Top Ad