Ganti Asuransi Mobil, Mungkinkah? - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Ganti Asuransi Mobil, Mungkinkah?

Salah satu pengeluaran tahunan yg perlu dipertimbangkan di Qatar adalah asuransi mobil. Dengan tingginya angka kecelakaan jalan raya, biaya asuransi di Qatar pun menjadi cukup tinggi. Ratenya lebih dari 4% per tahun untuk full insurance. Apalagi kalau selama masa kontrak pernah melakukan claim, maka premi tahun depannya bisa2 naik sampai dengan 6 atau 7%.

Terus, bagaimana kalau kita mau memindahkan asuransi tersebut ke perusahaan lain? Dengan memindahkan asuransi, kita bisa mendapatkan rate yang lebih baik. Tapi apakah ini mungkin? Ada yang berpendapat, untuk memindahkan asuransi, butuh macam2 syarat. Dan ini memang benar. Paling tidak, untuk memindahkan asuransi dari Al Khaleej (biasanya mobil Nissan), sangatlah repot. Malah perusahaan asuransi yg dituju ada yg meminta no-objection-letter segala. Aku sendiri kurang faham apa alasannya. Menurut logika, ini tidak mungkin. Karena toh, para perusahaan asuransi itu seharusnya bersaing dalam memberikan layanan terbaik untuk mendapatkan pelanggan sebanyak2nya.

Sedangkan di sisi lain, kalau memindahkan asuransi dari QIC (yang biasanya mobil Honda), sangatlah mudah. Hanya dengan menunjukkan istimara dan kondisi mobil, kita bisa minta penawaran terbaik dari perusahaan asuransi yang baru. Paling tidak ini terjadi di salah satu asuransi yang pernah diceritakan temanku, yaitu Doha Insurance. Berlokasi di seberang Gulf Cinema, kantor asuransi ini sangat mudah di cari. Dan untuk mencari parkir termasuk sangat mudah, karena di belakangnya ada lapangan yg sangat luas. Tidak seperti QIC yg sering dikomplain karena susah sekali mencari parkiran.

Ada satu lagi bedanya asuransi yg aku tahu:
- QIC memberikan harga premi yg tinggi, tetapi tidak ada biaya claim.
- Doha Insurance memberikan harga premi yg cukup murah, tetapi dengan biaya claim sebesar 750-1000QR/claim
- Al Khaleej memerikan harga yg cukup murah juga, tetapi dengan biaya claim sebesar 500QR/claim.

Sayangnya aku belum pernah mendengar cerita tentang asuransi-asuransi lainnya. Bagaimana layanannya?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas Syarif, saya lagi mau beli mobil, dan mau memilih asuransi yang tepat. Dealer menawarkan QIC. Apakah bisa dishare kenapa pindah dari QIC dan apa kelebihan dari doha insurance. Terima kasih

Syarif Achmad mengatakan...

Yang jelas lebih murah, dekat rumah dan aksesnya gampang. Kalo layanan sih standard

Post Top Ad