Useful Gadget for Hajj - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Useful Gadget for Hajj

Kita bisa dengan mudah menemukan daftar barang bawaan yg pelu dibawa selama haji, baik itu di internet maupun di buku2 mengenai haji. Berikut ini barang2 yg jarang sekali disinggung, tetapi sangat bermanfaat pada pelaksaan Ibadah Haji.
  • Peta dan GPS. Seiring dengan semakin banyaknya orang yg berhaji, angkutan mobil sudah sulit untuk diandalkan, karena jalan sudah sangat macet. Sering kali jamaah calhaj diturunkan di daerah yg belum dikenal sama sekali, baik itu di Mekah maupun Mina. Pada saat di hotel Mekah, sering kali banyak jamaah Indonesia yg diturunkan oleh sopir angkot di depan penginapan kami, karena sama2 tidak tahu arah. Ujung2nya kedua2nya hanya marah2 dalam bahasa masing2. Selain itu, di Mina pun kejadian orang tersesat sangat banyak. Walaupun ada panitia yg mengurusi bagian orang hilang, tetapi tidak juga banyak membantu karena masalah bahasa dll. Peta dan GPS ini akan sangat membantu sekali dalam menentukan jalan mana yg harus diambil. Begitu tahu lokasi penginapan di Mekah atau tenda di Mina, segera tandai lokasi tersebut di peta dan GPS.
  • Kamera. Gunanya bukan hanya untuk foto2 dokumentasi, yang tetapi lebih penting lagi adalah untuk menandai lokasi. Begitu sampai di penginapan di Mekah atau tenda di Mina/Arafah, segera ambil foto2 lingkungan sekitarnya, karena setiap tempat di Mina sangat mirip. Semuanya ada polisi, pemadam kebakaran, jembatan layang, dll. Jadi ambil gambar2 yg spesifik menandai lokasi tenda, seperti nomor maktab, spanduk depan maktab, dll. Begitu juga untuk menandai lokasi2 lain yg dianggap penting, jangan lupa gunakan kamera, lalu ambil gambar minimal empat buah untuk menandai satu lokasi, karena daya ingat kita sangat terbatas, apalagi dalam kondisi capek saat menunaikan ibadah haji.

  • MP3 player. Alat ini berguna untuk mengisi rohani dalam perjalanan panjang menuju Mekah. Banyak sekali ceramah MP3 yg bisa di-download dari Internet yang kemudian bisa dimasukkan ke MP3 player ini. Ceramah2 ini bisa didengarkan selama perjalanan atau waktu menunggu hari H.

3 komentar:

budhe mengatakan...

Wah... jadi pengen ngulang lagi yach.. semoga hajinya mabrur.Amien..

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah... thanks for the tips brother... salam

Syarif Achmad mengatakan...

Alhamdulillah kalau bermanfaat.

Post Top Ad