Mobily: Kartu Telpon Super Hemat - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Mobily: Kartu Telpon Super Hemat

Kalau saat ini di Qatar hanya ada satu provider telepon seluler (dan kelak akan menjadi dua tahun depan), di Saudi telah ada 2 operator mobile yang saling berkompetisi secara ketat. Mau tidak mau, pelanggan lah yg mendapatkan keuntungan maksimal dari persaingan ini.

Adalah Mobily, sebuah perusahaan saingan STC (Saudi Telecom Company) yg sangat agresif dalam memberikan layanan dan paket yg memikat. Kartu perdananya sangat sederhana, tanpa buku petunjuk ataupun embel2 lainnya. Kartu perdana yang rata2 mempunyai pulsa 75SR ini dapat didapatkan dengan mudah hampir di setiap sudut kota. Harganya pun bervariasi, mulai dari 100SR (di Saudi border), 75SR di pusat2 perbelanjaan dan pusat layanan Mobily, dan 65 SR di beberapa toko pusat handaphone.

Yang menarik adalah kebijakan tarifnya yang sangat murah, apalagi bila kita bandingkan dengan Qtel. Layanan sms hanya membutuhkan biaya 0.25SR saja. Sedangkan untuk telpon sesama Mobily, tarifnya sangat murah, malah kadang2 lebih murah dibandingkan SMS, karena perhitungannya per detik. Sedangkan untuk akses GPRS/3G, bbrp jamaah calhaj yg mencoba engakses email dari handphone hanya dikenakan biaya kurang dari 1SR. Malah untuk SLI ke Qatar kalau dibandingkan dengan lokal Qtel pun tetap lebih murah. SLI ke Indonesia pun berbeda sangat signifikan dengan tarif bila panggilan itu dilakukan dari Qatar menggunakan Qtel. Para jamaah haji menggunakan kesempatan yg baik ini untuk menelpon handai tolan di Indonesia.

Tidak selesai di situ, Mobily pun memberikan penawaran ekstra tambahan pulsa 30SR apabila pelanggannya melakukan top-up sebesar 30SR. Penawaran ini diberikan dengan rentang waktu yang cukup lama, yaitu 90 hari.

Ada salah seorang jamaah yg berkomentar “Jangan-jangan kalau Mobily kita bawa roaming ke Qatar, tetap aja harganya lebih murah dari Qtel”. Siapa tahu?

Update 17 Dec 2008
Ternyata harga extra murah tersebut hanya berlaku sampai tanggal tertentu saja. Setelah itu, harga kembali normal kembali. Tetapi tetap saja harga tersebut relatif cukup murah (walaupun tidak semurah sebelumnya), terutama untuk koneksi internetnya. Strategy marketing ini disajikan oleh Mobily dengan sangat cantik. Dengan R&D yg matang, mereka tahu betul kapan puncak orang membeli SIMCard baru dan kapan pelanggannya sudah tidak lagi memikirkan untuk pindah ke operator lain setelah menikmati layanannya yg baik. Dengan dasar itu, mereka membuat offer yang untuk menarik pelanggan sebanyak2nya. Jempol dua untuk Mobily!

1 komentar:

jsriyono mengatakan...

kita aja yg kerja di telco Qatar berharap persaingan enjadi kenyataan, supaya mindset nya pada berubah :)

Post Top Ad