Doha Islamic Art Museum - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Doha Islamic Art Museum


Islamic Art Museum yg berlokasi di tepian pantai Corniche Doha memang sudah lama direncanakan untuk launching. Paling tidak semenjak Asian Games 2006, isu tentang peluncuran museum ini sudah ada, kemudian diundur menjadi tahun 2007, lalu awal 2008 dan akhirnya 1 Desember yang lalu akhirnya museum ini benar2 dibuka untuk umum. Museum ini buka tiap hari, kecuali selasa, dari jam 10.30 sampai 5.30 sore. Sedangakn Jumat dari jam 2pm-8pm.

Lokasinya sangat mudah ditemui, yaitu berada tidak jauh dari gedung QICC dan Diwan Emiri di sekitar Doha Corniche. Tanda2 jalan pun cukup lengkap untuk menuju ke museum ini. Sampai2 roundabout yg berada paling dekat dengan museum ini disebut Islamic Art Museum. Entah dulu namanya apa.

Areal parkir mobil museum ini sangat luas. Sepertinya emang disiapkan untuk menerima kunjungan turis sebanyak mungkin. Selain itu juga disediakan angkutan dari parkiran ke halaman museum berupa mobil kecil mirip dengan mobil yg sering dipakai di lapangan golf. Saat ini fasilitas ini disediakan secara gratis. Sayangnya attitude sopirnya masih tidak sekelas museumnya yg katanya berkelas international, kurang senyum dan sapa.

Begitu masuk ke pelataran depan gedung museum, pemandangan yg indah langsung menyambut pengunjungnya. Di satu sisi bisa terlihat perahu Dhow yang parkir di pantai corniche, lalu pemandangan ke westbay nan cantik, dan kalaupun pandangan diarahkan ke jalan raya, pohon2 kurma yg tertata secara apik juga menambah kenikmatan mata. Di halaman depan itu juga terpajang air mancur yg bagus.

Di dalam gedung, pengunjung akan diterima oleh mesin pemeriksa barang. Sebagai standard keamanan, barang2 bawaan harus diperiksa dengan melalui sinar X. Setelah melalui pemeriksaan, pengunjung akan langsung diberikan tiket gratis. Tiket ini sepertinya hanya sebagai formalitas saja, karena sepanjang perjalanan di dalam museum, tidak akan ada pemeriksaan karcis.

Di ruang tengah museum ini tersedia cafe kecil dengan pemandangan kaca yg luas mengarah ke bangunan2 tinggi di WestBay. Di sisi lain, disediakan tangga memutar yg cantik dengan hiasan lingkaran di atasnya. Bagi yg ingin naik lift, juga tersedia lift untuk naik ke lantai atas. Kita juga bisa meminjam fasilitas audio guide dengan menyerahkan kartu identitas di bagian Information. Alat multimedia ini akan memberikan penjelasan lewat suara tentang museum dan barang yg sedang kita lihat. Dengan fasilitas touchscreen, alat ini sangat mudah digunakan. Kita bisa memilih dua bahasa: Arab atau INggris. Sedangkan di sisi lain tersedia giftshop yg menjual beraneka ragam souvenir khas museum ini.

Barang2 yg dipamerkan ada di lantai 1, 2 dan 3. Sedangkan untuk lantai 4 dan 5 saat ini masih kosong. Barang2 yg dipamerkan pun sangat beragam, dari kitab, penemuan ilmu pengetahuan, alat perang, alat dapur, karpet, perhiasan dan lain2. Wajar kalau diberitakan bahwa designer museum ini sama dengan designer museum Louvre di Perancis. Gaya penampilannya memang sangat mirip dengan museum tersebut.

Secara keseluruhan museum ini sangat recommended untuk dikunjungi. Ini merupakan salah satu hiburan paling baik di Doha untuk saat ini. Cocok untuk semua lapisan umur. Selain menghibur juga memberikan pengetahuan lebih terutama tentang perkembangan pengetahuan dan seni Islam.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad