Ready... Get Set... Go! - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Ready... Get Set... Go!

Ini merupakan liputan haji 2008. Langsung dari Makkah
Hari Rabu yang lalu lalu lintas di daerah B RingRoad menjadi macet lumayan parah. Jarak yang biasanya bisa ditempuh dalam waktu 10 menit, hari itu harus dijalani hampir setengah jam. Tak aneh, karena Hamlah Doha Transport yg berlokasi di Doha Clinic hari itu memberangkatkan sekitar delapan bis untuk jamaah haji yg umumnya masyarakat Indonesia. Ada sekitar 200 orang yg diberangkatkan oleh hamlah ini. Sedangkan hamlah Al Eman memberangkatkan kurang lebih 50 orang pada keesokan harinya. Sisanya menyebar di bbrp hamlah lainnya.

Memang dari awal terlihat bahwa jamaah haji diharapkan bisa benar2 mandiri. Mulai dari mencari name-tag sendiri, masukin koper ke bus sendiri, sampai dengan mencari kursi sendiri dimana pembagian tempat duduk sudah diatur oleh hamlah. Pagi itu juga dibagi2kan sarapan khas Indonesia. Rupanya sudah ada yg menyediakan sarapan buat para jamaah calhaj.

Ada dua macam bus yang disediakan, yaitu bus dengan 27 penumpang dan 49 penumpang. Dengan menambah biaya sekitar 1600QR per orang, jamaah bisa menikmati ruang duduk yg lega dan meja di masing2 tempat duduk di bis 27. Kedua bis dilengkapi dengan AC dan toilet, sehingga cukup nyaman untuk perjalanan jauh. Pada awalnya AC bis disetel sangat dingin, mana nggak ada selimut. Sehingga banyak jamaah yg menggunakan jaket dan kaos kaki di siang bolong yg terik.

Ternyata animo pengantar jamaah haji juga tidak kalah banyaknya dari yg ada di Indonesia. Banyak sekali masyarakat Indonesia yg berbondong2 mengantar keberangkatan calhaj ini. Ada yg cuti, cabut sebentar dari kantor, dan alasan2 lain untuk bisa mengantar calhaj. Rasa haru pun sangat terasa dalam situasi ini.

Walaupun pemberangkatan dijadwalkan jam 9 pagi, tetap saja pemberangkatan bus terakhir akhirnya baru bisa dilaksanakan sekitar pukul 10.30am waktu Doha. Dan perjalanan suci itu pun dimulai.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad