Flu, Haji dan Kurban - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Flu, Haji dan Kurban

Apa hubungan flu sama haji? Apakah karena banyak jamaah haji kena flu, maka judul posting ini flu dan haji? Nggak. bukan itu. Aku cuma mau cerita dua hal, yaitu tentang bagaimana sengsaranya aku diserang flu seminggu ini, perkembangan cerita mengenai keberangkatan jamaah haji Indonesia yg berangkat dari Qatar dan kurban.

Seminggu ini bener2 mood untuk menulis hilang. Selain kesibukan di kantor yg lumayan tinggi, juga ada faktor serangan flu yg bikin aku nggak nyaman beraktifitas. Padahal aku sudah disuntik vaksin flu bulan lalu. Akan tetapi karena perubahan cuaca yg cukup mendadak dan orang2 sekitarku yg pada flu, apa boleh buat, aku pun harus merasakannya. Minggu lalu gejala sudah mulai keluar dan aku sudah ke dokter. Ternyata flunya malah tambah parah. Terpaksa mengunjungi dokter lagi. Alhamdulillah setelah bbrp hari makan obat akhirnya virus2 flunya sudah mulai melemah dan aku pun sudah bisa menulis lagi.

Yang kedua, aku pengen cerita tentang haji. Kalau di Indonesia jamaah haji sudah mulai berangkat awal november, maka calon jamaah haji Indonesia di Qatar dijadwalkan berangkat pada akhir november (dengan bus) dan awal desember 2008 (dengan pesawat). Visa pun sudah keluar bbrp hari yang lalu.

Situasi tahun ini sangat berbeda dengan tahun yang lalu, dimana kuota haji tahun ini sangat longgar. Sampai2 weekend lalu aku masih menerima email bahwa ada hamlah yg masih menerima pendaftaran susulan bbrp jamaah lagi.

Berbeda dengan di Indonesia, dimana pelatihan manasik haji diwajibkan untuk semua operator haji, di Qatar tidak ada keharusan bagi hamlah untuk melakukan pelatihan ini. Jadi untuk orang2 Indonesia (dan orang2 yg berbahasa melayu lainnya) diadakan manasik secara swadaya oleh masyarakat sendiri, yaitu oleh PIPHQ , Assunnah dan bbrp kelompok yg menyelenggarakannya secara mandiri. Selama ini paling tidak sudah dilakukan beberapa pelatihan manasik haji di gedung fanar setiap hari sabtu oleh PIPHQ dan di Wakra oleh Assunnah. Dengan adanya manasik ini, diharapkan jamaah haji bisa lebih mandiri dalam melaksanakan ibadah haji.

Nah, untuk yg tinggal di Qatar maka akan menikmati libur panjang Idul Adha. Sekolah hampir semuanya libur mulai awal Desember sampai awal Januari, karena libur akhir cawu digabung dengan libur Idul Adha. Bagi yg ingin ber-kurban, IMSQA sudah menyampaikan bahwa IMSQA menerima titipan kambing kurban.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad