Beli Mobil Seken - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Beli Mobil Seken

Mumpung ada pertanyaan di milis tentang mobil seken, berikut ini bbrp informasi yg sempat aku kumpulkan seputar mobil seken.
  • Mencari mobil seken sumbernya bisa bermacam2, mulai dari koran, QatarLiving, iklan di supermarket (al Meera, Family Food Center, Food Palace, dll), iklan di intranet kantor dan juga di milis TentangQatar. Kita bisa dengan mudah mensortir dengan melihat mileage mobil tersebut. Kalo perhitungan kasarku, untuk pemakaian 12000-15000km per tahun itu masih wajar. Kalo lebih dari itu, kaya'nya mobilnya kerja keras tuh. Selain itu, rata2 temen2 lebih nyaman kalo beli mobil dari sesama Indonesia, atau paling tidak dari Malaysia/Spore. Walaupun sebenernya nggak semua orang arab memperlakukan mobil secara tidak wajar.
  • Kalo sudah ketemu yg cocok, lihat kondisinya. Secara feeling dan pengetahuan mesin dasar aja. Misalnya ternyata bener2 cocok harga dan spec-nya, bisa dipastikan dengan membawa mobil tersebut ke bengkel pengetesan mobil bekas yg banyak berjejer di salwa road. Biasanya mereka memajang plang "German Technology". Dengan membayar 200QR kita akan mendapatkan informasi lengkap tentang kondisi mobil. Tidak hanya melakukan cek kondisi mobil dengan komputer, mereka juga akan melakukan road test terhadap mobil tersebut.
  • Masalah surat menyurat, pastikan bahwa nama si penjual sama dengan yg ada di isthimara. Biasanya polisi tidak minta surat apa2 selain STNK dan asuransi.
  • Setelah benar2 mantap dengan pilihan Anda, langsung datang ke kantor polisi di Madina Khalifa, atau bandara atau dekat Wholesale market. Di situ kita tinggal menunjukkan istimara lama dan ID pemilik baru. BTW, jangan lupa untuk memastikan asuransi masih valid dan bila perlu transfer kepemilikan asuransi. Dengan membayar kurang lebih 200QR, prosesnya selesai. Tidak lebih dari 10 menit saja.
  • Tinggal bayar ke pemilik lama, selesai

Mungkin ada yg punya pengalaman lain?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Utk tambahan referensi mobil seken bisa juga dilihat:
http://www.qatarsale.com/

Anonim mengatakan...

ati2 kalo beli mobil seken, sebaiknya kenali karakter pemakainya, usahakan org indo sendiri. namanya jualan, pasti bagus lah, abis itu jebol kantong kena biaya maintenance. jenis mobil yg suka naik trotoar sebaiknya dihindarkan, jg yg suka kelayapan nyosor gurun di sealine. salah2 engine case bawah sudah pecah dan cm ditambal spt pengalaman kawan. ampun deh, 2 bulan jual lagi.

Post Top Ad