Tips Family Visit Visa (lagi) - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Tips Family Visit Visa (lagi)

Setelah temenku Hendy cerita tentang pengurusan visit visa untuk ibunya, kini giliranku mengalami sendiri hal itu. Walaupun pada umumnya sama saja, tetap ada bbrp perbedaan. berikut ini ada bbrp tips untuk memperlancar urusan visa ini.

  1. Untuk pengetikan, tidak harus dilakukan saat itu juga. Agar tidak kehabisan waktu dan memotong terlalu banyak waktu kerja, kita bisa mendatangi typist pada sore hari. Para tukang ketik ini bisa kita temukan di kantor imigrasi tersebut, tidak jauh dari Musholla. Selain itu, kita bisa juga menemukan mereka di Sofitel dan yang paling banyak adalah di Souq Waqif. Semua jenis formulir yg berhubungan dengan pemerintah Qatar tersedia di sana.
  2. Datang pagi2 sekali ke kantor imigrasi, kalo bisa sebelum jam 6. Karena setelah jam 6, antrian menjadi panjang. Kalau kesiangan pun kita sulit kalau harus melengkapi syarat2 yg kelupaan. Sekedar mengingatkan, syaratnya adalah: Copy passport (kita, istri kita, dan orang yg kita undang), surat nikah, pengantar dari KBRI, pengantar dari kantor dan formulir yg sudah diisi lengkap+tanda tangan. Jangan lupa membawa passport/ID kita yg asli. Selian itu, siapkan juga kartu ATM untuk membayar uang administrasinya.
  3. Kalo yakin syaratnya lengkap, langsung aja ke kapten. Kebetulan waktu aku ke sana, kaptennya ada di gedung 1, lantai 1. Jadi dari gerbang utama lurus aja masuk ke gedung 1, langsung naik ke lantai 1. Di situ ada ruang tunggu. Kita perlu menunggu kapten yg datang agak telat. Siapkan juga alasan kenapa orang itu datang, karena nanti akan ditanyakan.
  4. Kalo sudah dapat tanda tangan kapten, Insya Allah, urusan selanjutnya lancar. Tinggal ke gedung 4, ambil nomor antrian, masukin berkas, trus bayar. Tinggal nunggu visanya keluar.

Berikut ini ada dokumen bagus dari Qatar Foundation mengenai prosedur macam2 urusan yg berhubungan dengan kantor imigrasi. Klik di sini.

Ternyata jam 11 siang tadi visanya sudah jadi dan siap diprint dari internet. Wah... cepet banget, ya?

Tidak ada komentar:

Post Top Ad