Respon Tercepat dari QTel - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Respon Tercepat dari QTel

Terus terang selama ini aku merasakan umumnya pelayanan publik di Qatar sangatlah lambat. Jadi waktu aku mengajukan permohonan sambung telepon rumah, aku sudah memperkirakan instalasi akan dilakukan sebulan kemudian. Apalagi aku mengajukannya di bulan Ramadhan, yg berarti waktunya juga akan ditambah libur idul fitri. Ternyata hasilnya diluar dugaan.

Ceritanya di apartemen yg lama aku belum pernah ngajuin air, listrik, telpon, maupun internet. Karena semua sudah termasuk dalam biaya bulanan dan disediakan oleh landlord. Selama ini terus terang aku tidak tahu urusan beginian. Cuma sesekali mendengar dari teman2 bagaimana lambatnya pelayanan publik, khususnya Qtel. Untuk pemasangan telepon rumah, paling tidak membutuhkan waktu dua minggu. Itu pun kalau beruntung. Walaupun kita sudah mengajuan telpon dan internet pada saat yg bersamaan, tetap saja internet akan diurus setelah saluran telpon rumah terpasang. (Ini sih dulu. Menurut sumber dari Qtel, sekarang telepon rumah dan internet sudah bisa diinstall berbarengan).

Berangkatlah aku ke customer service Qtel yg ada di Musheireb. Aku memang sengaja ke sana, karena ini adalah satu2nya cabang yg buka 24 jam. Aku nggak mau ambil resiko ke cabang lain yg kemungkinan tutup, dengan alasan Ramadhan. Ternyata cabang yg ada di Musheireb (dekat Kahramaa) tutup dan dipindahkan ke "Opposite Souq Hamad". Aku sempat bingung, dimanakah souq Hamad? Aku tahu ada Souq Ahmad, Souq Waqif, Souq Najada dan Souq Asiery. Akhirnya aku muter2 di daerah tersebut untuk mencari cabang QTel tersebut. Setelah capek muter2 di daerah souq2 tersebut, aku akhirnya memutuskan pulang ke rumah dari arah lain. Ternyata lokasi cabang Qtel tersebut hanya berseberangan jalan dengan lokasi yg lama. Lokasinya tepat di ruko2 seberangnya Mannai Travel dan kantor Kahramaa dengan tulisan QTel yg cukup kentara.

Aku membawa formulir yg sudah aku download dari internet, dengan harapan bisa mempersingkat waktu di sana. Ternyata setelah bertanya ke security, formulirnya berbeda sama sekali dg yg ada di Internet. Sambil menunggu antrian yg hanya 5 orang, aku mengisi formulir tersebut. Aku juga sudah menyiapkan copy RP sebagi syarat pengajuan. Ternyata antrian 5 orang itu pun membutuhkan waktu paling tidak setengah jam. Itu pun sudah ada pengantri yg pulang, karena sudah mepet maghrib.

Pelayanan di sini ternyata lumayan bagus. Walaupun tidak terlalu cepat, tetapi paling tidak si CS cukup ramah. Aku sengaja hanya mengajukan sambungan telpon rumah saja, bukan paket Mozaic yg lagi gencar dipromosikan QTel, dengan alasan bahwa internet bisa menyusul. Apalagi di apartemen yg baru ini jug akan tersedia akses internet secara gratis.

Setelah memasukkan data ke komputer, si CS memberikan hasil print sebagai bukti konfirmasi mengenai pengajuan tersebut. Di situ tertulis biaya instalasi 200QR dan bulanan 33QR. Dia pun memberikan informasi, bahwa aku akan menerima sms dalam waktu seminggu mengenai jadwal instalasi. Aku sih tidak berharap banyak. Kalau dia bilang seminggu, maka aku expect paling tidak dua minggu sampai sebulan aku akan mendapatkan sms tersebut. Kalaupun dapat sms, pemasangan pasti dilakukan paling cepat seminggu setelah hari raya. Itu dugaan pesimisku.

Pas dua hari sebelum hari raya, yg berarti hanya 3 hari setelah aku datang ke QTel, aku mendapatkan sms bahwa instalasi akan dilakukan 5 hari kemudian. Itu kan masih hari libur lebaran. Aku tetap pesimis. Boleh aja dia instalasi, tetapi masih ada waktu untuk menunggu sampai telepon itu aktif dan bisa digunakan.

Singkat cerita, petugas QTel pagi2 sudah menelpon dan menyetakan akan datang sesuai jadwal. Dan betul juga, sebelum tengah hari semua proses instalasi sudah beres. Sayangnya aku belum bisa melakukan testing, karena colokan kabelnya agak berbeda dg yg aku punya. Secepat kilat, aku membeli kebl tersebut ke Al Meera yg hanya bbrp meter dari rumah. Sayangnya, setelah aku test, telponnya belum jalan. Aku pun kecewa. Kekecewaan itu hanya berlangsung sebentar saja, karena sekitar jam 3 sore telpon itu berbunyi. Dan pada saat aku coba semua sudah berjalan dengan baik. Alhamdulillah. Baru kali ini aku mendapatkan layanan yg diluar ekspektasiku.

Sayangnya, bbrp temanku masih harus menelan kekecewaan, karena sudah sebulan telpon mereka belum ada kejelasan juga. Kebetulan mereka mengajukan paket Mozaic. Padahal mereka sudah duluan memasukkan permohonan jauh2 hari sebelum aku. Ternyata setelah dicek ke kantor QTel, proses pengurusan Mozaic menjadi lama karena ngantri berhubung banyaknya permohonan yg masuk. Sayang sekali. Seharusnya, sebelum QTel meluncurkan produk atau offer, mereka harusnya sudah siap untuk meng-handle respon yg tinggi dari masyarakat.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad