Nggak Bisa Bahasa Arab? Jangan Kuatir - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Nggak Bisa Bahasa Arab? Jangan Kuatir

Qatar memang negara yg cukup unik. Walaupun termasuk negara yg berada di jazirah arab, tetap saja kita bisa dengan leluasa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Akibatnya adalah kemampuan bahasa arab orang2 Indonesia yg sudah bertahun2 di Qatar tidak improve. Hanya kata2 umum saja yg dikenal, antara lain "Khalas", "Mabrouk" dan "Ma fi Arabi".

Tentu saja sangat jarang sekali orang Indonesia yg bisa membaca koran dan website berbahasa arab. Padahal pengumuman2 penting umumnya keluar pertama kali di koran berbahasa arab, seperti Al-Raya, Al-Sharq dan Al Watan. Juga banyak iklan2 baris yg disampaikan dalam bahasa arab. Selain itu, beberapa website pemerintah Qatar juga belum mempunyai versi bahasa Inggris.

Terus bagaimana, dong? Untungnya sekarang Google Translate sudah mendukung bahasa Indonesia. Jadi kalau bingung ada istilah bahasa arab, tinggal Copy-paste ke "Translate Text" yang ada di Google translate. Atau kalau mau baca website berbahasa arab, tinggal copy-paste lokasi linknya ke "Translate web page" yg ada di Google translate. Jangan lupa pilih "Arabic >> Indonesian" pada pilihan bahasanya. Tinggal klik tombol "Translate", maka semua huruf arab itu akan menjadi Bahasa Indonesia.

Memang hasil terjemahannya masih berantakan, maklum fitur ini baru saja di-launch minggu lalu. Anda bisa berpartisipasi untuk merapikan terjemahan yg dirasa kurang baik dengan mengklik hasil terjemahannya dan memilih "Suggest a better translation" lalu mengedit sesuai yg kita ingini. Hal ini akan terus memperbaiki kualitas terjemahan di google translate.

Link2 penting:

Tidak ada komentar:

Post Top Ad