Liputan Lebaran 1429H - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Liputan Lebaran 1429H

Sudah dua tahun ini pengumuman lebaran terasa begitu mendadak. Perhitungan dari bbrp ahli astronomi menyatakan bahwa Ramadhan akan menjadi 30 hari, karena diperkirakan bulan tidak akan tampak pada malam ke-30. Tetapi kenyataannya selalu berbeda. Tiba2 saja pada jam 8 atau 9 ada pengumuman bahwa bulan sudah tampak. Jadi besoknya sudah lebaran.

Tentu saja banyak yg kerepotan. Karena sebagian besar menyangka bahwa besoknya masih puasa. Ibu2 langsung bergegas masak. Sedangkan Bapak2 juga berbelanja untuk kebutuhan lebaran. Panitia zakat fitrah pun dibikin kerja lembur, karena harus menyampaikan zakat fitrah sebelum sholat Ied.

Selanjutnya adalah pencarian informasi tentang sholat Ied. Banyak sekali yg bertanya tentang kapan dan dimana sholat Ied diadakan, terutama untuk komunitas Indonesia di Qatar. Undangannya sih jam 6 pagi.

Tetapi, saat aku siap2 mau berangkat, sekitar jam 5.30, ternyata takbir yg berkumandang dekat rumahku berhenti, dan tidak lama dari situ berganti dengan acara sholat dan khotbah. Wah... bakalan telat nih. Tetapi saat aku sampai di tempat sholat Ied dekat KBRI sekitar jam 6 lewat, ternyata acara sholat belum dimulai. Sudah banyak orang2 yang datang dan menyusun shaf.

Tidak lama dari itu, acara dimulai dengan pidato dari Dubes dan Ketua Permiqa. Baru dilanjutkan dengan sholat Ied dan Khutbah Oleh Bp. Said Agil Siradj. Setelah acara selesai, kita pun bersalam2an dan bermaaf2an. Kalo sudah begini, rasanya sudah balik ke Indonesia. Walaupun sebentar, tetapi cukup memberi kesan tersendiri.

Pulang dari situ baru suasana Qatar terasa. Jalanan lengang... sepi banget. Mall2 pun pada tutup di pagi hari. Jadi memang hampir tidak ada yg bisa dilakukan, selain silaturrahmi dari rumah ke rumah. Paling2 bisa telpon sebagai pengganti sungkem ke orang tua dan handaitolan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad