Extensi Visa Keluarga sampai 6 Bulan - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Extensi Visa Keluarga sampai 6 Bulan

By: Hendy

Lanjutan setelah dapat visit visa family, kalau mau di extend ada beberapa hal yg perlu di lakukan:

A. Medical Check-up
  1. Siapkan foto ukuran passport 2 buah, copy visa, copy passport dan uang QR 100.
  2. Ke medical commission. Letaknya kalau dari Ramada hotel lurus ke arah bandara, akan ketemu daihatsu signal, lurus lagi akan ketemu muntazah signal. Di muntazah signal ini belok kanan, lalu terus saja cukup jauh dan melewati beberapa roundaboud nanti disebelah kiri akan terlihat signboard "Medical Commission".
  3. Setelah masuk gerbang utama lurus untuk male dan belok kanan untuk female.
  4. Kebetulan kali ini mau perpanjang family visa untuk ibuku, jadi masuk kebagian female.
  5. Pertama2 harus ambil form dan diisi, yg bisa diambil di ruangan sebelah kanan pintu masuk, bayar 10 riyal.
  6. Menyerahkan form beserta foto di kasir, bayar 100 riyal. (Buktinya jangan lupa di ambil dan di simpan)
  7. Daftar di meja receptionist untuk test darah dan rontgen.
  8. Setelah itu test darah.
  9. Setelah itu rontgen.
  10. Setelah 1-2hr balik lagi untuk ambil hasil medical check-up. (lebih baik nanya lagi kapan harus ambil medical check-upnya, soalnya ada temen yg bisa langsung jadi hari yg sama).

B. Visa Extention di Immigration Department

  1. Setelah dapat hasil medical check-up (bentuknya seperti formulir waktu bikin driving licence dan ada foto-nya), kita harus balik lagi ke immigration yg di madina khalifa.
  2. Pertama2 kita harus ke bagian juru ketik adanya di sebelah kanan setelah masuk main gate, gedungnya warna putih dan bukan gedung permanent. Untuk visit visa extention saya di suruh ke juru ketik di bilik no. 6. Setelah dapat form yg sudah di ketik, jangan lupa bayar :) QAR 3 ke juru ketiknya. (Update 16 Dec 2008: Ternyata tidak perlu formulir apa2. Tinggal membawa hasil tes kesehatan dan passport saja cukup)
  3. Process lanjut seperti waktu bikin visit visa pertama kali. Langsung ke gedung No. 4, ambil queue number, tunggu di panggil.
  4. Nanti di counter akan di tanya mau di perpanjang berapa bulan? maksimum diextend 5 bulan. Per bulannya kita harus bayar QAR 200 dan itu dihitung/dimulai bukan pada saat kita bayar, tapi dari waktu visa yg sekarang abis. Misal hari ini tanggal 15 january dan visa yg sekarang habis 31 january, berarti kalau visa di extend 2 bulan maka visa akan valid sampai 31 Maret.
Note:
Oh ya jangan lupa kalau mau ke immigration sebelum jam 11 pagi, kalau bisa sih kesana jam 7 pagi. Saya pernah kesana setelah jam 11 dan ternyata sudah tutup hanya boleh untuk company (group).

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ass.wr.wb. Apa kabar Om Sarep. Met Berpuasa.
Cuma mau share aja neh..Kemaren alhamdulillah Family saya sudah dapet RP nya dapet sampe 2011.! wah saya juga heran kok bisa 3th saya aja sponsornya cuma 1th. Kami mengurusnya di Imigrasi General post office dicorniche ..cepat ga sampe 15 menit. Kalo ada rekan yg mau bikin mungkin bisa dicoba kesana tapi yang jelas kami pake sponsor company ga tau kalo personal sponsor.

Syarif Achmad mengatakan...

memang banyak "keajaiban" seperti itu di Qatar, Pak. Lama2 juga biasa...

Post Top Ad