Rumus Membeli Hand Phone - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Rumus Membeli Hand Phone

By: Tubagus Reggie
Berbicara tentang mobile phone atau hand phone (HP) dan mengikuti perkembangannya gak akan ada habisnya, tiap beberapa bulan muncul teknologi baru..dan harganya pun semakin mahal. Pertama kali beli handphone jenis nokia sejuta ummat 5110 dan itu dulu sudah yg paling top harganya sekitar 1 juta rupiah-an. Dan harga handphone di awal2 munculnya teknologi gsm tsb paling mahal berkisar antara 1-2 juta, kalau kita lihat sekarang harga handphone sudah bisa mencapai 8-10 juta-an.

Membeli hand phone bagi seseorang terkadang mempunyai tujuan berbeda2 misalnya untuk lifestyle, mengikuti teknologi atau kebutuhan. Nah saya lebih suka membahas handphone dengan tujuan yg terakhir yakni kebutuhan. Kebutuhan seseorang juga berbeda2 misalnya ada yg butuh handphone untuk menelpon/menerima /sms saja. ada juga yg lebih dari itu misalnya mendengarkan mp3 dll.

Kita mengenal jenis2 handphone terbaru ada yg disebut Smartphone, Palm, Pocket PC,Blackberry dan I-Phone. Disebut smartphone biasanya jenis2 nokia terbaru e.g: e90. Palm pda/hp yg operating systemnya Palm OS e.g: Palm Treo. Pocket PC: yg operating systemnya windows mobile. dan I-Phone yg O/S nya Apple.

Sudah 2 tahun saya tidak mengganti hp tentunya krn tidak ada kebutuhan lebih. Nah di th 2008 ini, tiba saatnya saya perlu mengganti ,menyadari saya merasa membutuhkan feature yg lebih dari hp lama. alesan.com :-)
berikut list kebutuhan saya:
  • GPS, karena senang dengan aktivitas travelling, jalan2, saya selalu menyukai gps ini mengingat efisiensi jarak tempuh dan efisiensi waktu krn tidak perlu nyasar di jalan.
  • Voice recorder, untuk merekam kajian/ceramah islam yg saya ikuti.
  • Membaca Ebook2 dll, untuk memenuhi kegemaran saya membaca.
  • Camera, gak butuh2/interest amat sih...tapi terkadang dibutuhkan disaat ingin menangkap suatu insiden/dll.
  • Organize tasks dan calendar, office word , excel ya ini perlulah untuk kerjaan.
  • WIFI, Browsing, Nonton Youtube dan dengar streaming radio internet online, nelpon skype,etc.
  • Handphone dan sms feature tentunya yg QWERTY keyboard untuk memudahkan ngetik.
Setelah survey lama di internet melihat review2 yg ada akhirnya jatuh pilihan ke : HTC TYTN II (Lihat foto) yg bisa memenuhi kebutuhan2 tsb. Tiba saatnya jalan2 lihat barang tersebut di Careefour..begitu lihat barang wahhh... langsung ciut karena harganya mahal sekali mirip dengan harga Laptop. My Question is: Is it worthy enough to spend that much?

Untuk menjawab pertanyaan diatas saya membuat rumus / economic formula sebagai berikut:
  • Harga Handphone : H
  • Harga GPS : G
  • Harga Camera : C
  • Harga Voice recorder/Mp3 player : V
  • Harga laptop: L (karena fitur handphone tsb sama dg laptop dg o/s Windows).

Dari survey yg saya lakukan mendapat kesimpulan bahwa:

Harga Htc TYTN II lebih murah daripada Total Harga(G+C+V+L+H)

Sebenarnya ada kekurangannya yakni layarnya kecil.., sehingga bisa ngerusak Mata terutama Mata Pencaharian ...he..he..he....

4 komentar:

shanti mengatakan...

Pak Reggie.. bisa pm saya? mau nanya-nanya nih. makasih..

RH mengatakan...

Waah, sdra syarif, teringin juga saya punyai HP yang dipaparkan itu. Kalo di KL, harga nya sekitar RM3,700. Best kalo dpat kita guna ya! Saya juga berminat mengenai netbook, mesti slick - mudah dibawa kemana-mana. Salam Ramadhan ya Sahabatku ! Rosman Halim, Doha.

Syarif Achmad mengatakan...

Terima kasih En. ROsman atas infonya.
Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Anonim mengatakan...

kang, rumus itu nggak bisa dipakai bgt saja, kecuali ente udah niat beli tu htc baru bikin rumus akal2an :D contoh fungsi camera di pda jelas minim bgt jk banding dgn kamera betulan. funsi GPS apalagi ampun deh, not comparable sm skl nggak gtc/nokia sama aja, mending anda beli garmin ato magellan yg asli gps. dijamin kecewa, udah layar tll kecil (kalo ditaro di mobil kudu dipelototin), sourcing map susah...

nah rumus itu harus dikali index, mis 0.2, yg di itung scr JUJUR berdasar feature/needs kita. kalo anda pernah kerja di procurement pasti tau itu..

salam/rahmat

Post Top Ad