Mogok Lagi... Mogok Lagi.... - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Mogok Lagi... Mogok Lagi....

Sejak pulang dari cuti kemarin memang mobil Nissan-ku sering rewel. Ogah2an kalo pas di start. Emang salahku juga, sih. Aku lupa mencopot kabel akinya selama pergi. Jadi baterenya habis. Terpaksalah aku men-jump-start akinya dari mobil lain. Setelah hidup, mobil aku bawa muter2 Doha, biar akinya ngisi. Hasilnya bagus juga, karena setelah muter2 si Nissan bisa di-start walopun nggak ces-pleng.

Tetapi setelah 3 hari, kejadian nggak mau restart berulang lagi. Dan kali ini lebih parah. Setelah di-jump-start dan dibawa muter2, tetap saja akinya nggak mau ngisi. Jadi setiap mau jalan harus dijumper dulu. Duh... cape deh.

Akhirnya aku nyerah. Pulang kantor, aku bawa mobil itu ke bengkel Nissan yg ada di Industrial area, biar masalahnya cepat selesai. Kata teman kantorku, kalo masalah aki biasanya langsung diganti, karena masih garansi. Begitu sampai di Nissan aku hanya ngantri sebentar dan langsung aku bilang butuh aki baru. Tanpa berpanjang lebar, si service advisor langsung membuat surat sambil menyatakan bahwa untuk tahun pertama, penggantian aki gratis. Sedangkan untuk tahun kedua, pemilik akan dikenakan biaya 50%. Memang mobilku baru aja melewati umur satu tahun. Jadi apa boleh buat, aku setujui untuk membayar 50%.

Setelah itu aku dipertemukan dengan montirnya dan mobilku hanya dicek apakah bisa start atau nggak. Memang seperti itulah pengecekan di Qatar. Nggak detil. Ada untungnya juga. Aku bisa dapat aki baru tanpa harus berlama2 menunggu montir ngecek segala sesuatunya. Tapi ternyata aku harus menunggu agak lama untuk montirnya mengambil aki barunya. Mungkin dia ngambil aki barunya di Al Khor, 'kali.

Proses penggantian aki pun berlangsung dengan cepat. Dan aku dikenakan biaya QR125 (50% dari harga baru) untuk penggantian aki baru tersebut. BTW, berbeda dg aki standard yg harus ngecek/ngisi air, aki baru yg diberikan Nissan ini sudah free-maintenance-batery.

Moral of the story:
  • Kalo cuti, jangan lupa nitip mobil buat dipanasin. Kalo nggak ada yg dititipin, kabel akinya dicopot aja
  • Kalo memang ada gejala akinya bakalan problem, usahakan bawa ke bengkel sebelum 1 tahun. Jadi bisa dapat aki baru gratis. Ini berlaku untuk Nissan. Kalo merk lain, silahkan lihat warranty term and condition masing2.
  • Pelayanan Nissan dari hari ke hari semakin membaik. Lebih efisien dan ramah.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

mobilnya nisan apa syarif ?

Syarif Achmad mengatakan...

Tiida

Novan Arif Hidayat mengatakan...

Avanza atau Xenia nggak ada ya?..
he he he

Syarif Achmad mengatakan...

Avanza/Xenia nggak ada. Livina aja nggak ada.
Banyakan mobil2 SUV seperti RAV4, CRV, Pathfinder, dll

Novan Arif Hidayat mengatakan...

RAV4, CRV, hmm, yami yami... November jadi nggak ya???... hmmm

Syarif Achmad mengatakan...

Ditunggu deh....
Nanti kita bikin "Limus V2" :)

yanuar mengatakan...

Kalo males nyopot aki, cabut semua sekering, lebih mudah, tapi paling OK ya copot kabel akinya. Cape dikit ....... nggak sampe C spasi D. (Cpae Dehhhhh.............)

Anonim mengatakan...

Pak Syarif, biasanya ngebengkel Nissan-nya di mana ya? Makasih.....

Syarif Achmad mengatakan...

di bengkel Nissan insdustrial area. Ada juga di dekat Al Ahli hospital

Post Top Ad