Update Sekolah Baru - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Update Sekolah Baru

Menyambung diskusi di milis blog ini mengenai sekolah baru yang akan mulai buka tahun ajaran 2008/2009, saya mencoba mendatangi acara Open Day nya ISL Qatar tadi pagi.

Perjalanan ke lokasi sekolah itu cukup membingungkan bagi orang yang baru di Doha seperti saya. Peta yang dijadikan referensi di situs mereka tidak detil sehingga percuma saja dibawa. Untungnya saya menelpon dulu minta petunjuk arah menuju ke sana, sehingga saya tidak perlu tersesat sebagaimana yang dialami oleh beberapa orang tua lain yang berminat menyekolahkan anaknya di sekolah ini. Oh ya, saya baru mengecek situs di atas, mereka cukup tanggap juga dengan masalah ini, sehingga petunjuk detil menuju ke sana sudah ditaruh di main page-nya.

Sesampai di sana sekitar jam 9 pagi, sudah berjejer puluhan mobil. Di dalam gedung utama terlihat para pemiliknya sedang mengisi formulir pendaftaran, membayar biaya pendaftaran dan mengikuti school tour yang dipandu oleh kepala sekolahnya. Mayoritas mereka adalah Qatari dan "Bule". Terselip juga 1 rekan se-bangsa yang tertarik dan sudah mendaftar, mengingat anaknya belum dapat tempat di beberapa International School lain.

Tanpa buang waktu, saya langsung mengikuti School Tour yang sedang berlangsung. Kami melewati ruang Indoor Sport yang bagus, setelah itu menuju outdoor facilities. Masih berupa tanah lapang, namun si Tour Guide menjelaskan sebelum sekolah dimulai, diharapkan pelindung matahari sudah berdiri sehingga playground bisa optimal terpakai. Juga mereka berencana membangun kolam renang yang realistisnya akhir tahun baru bisa difungsikan.

Selesai tour dilanjutkan dengan tanya jawab. Diantaranya :
- mengenai kualifikasi guru, jawabannya : semua qualified, 3 orang "dibajak" dari sekolah lain di Doha, selebihnya newly reqruited, dengan beragam kebangsaan, Austrlaia, New Zealand, Egypt dan tentunya UK sendiri.
- mengenai jumlah/komposisi murid per kelas, jawabannya : Untuk KG, 16 orang/kelas sedang untuk Elementary ke atas, 20 rang/kelas. Diusahakan balanced mix, dari segi jenis kelamin dan asal negara.
- mengenai placement test, jawabannya : jadwal dan detilnya akan diberitahukan pada saat sekolah menghubungi orang tua calon murid yang telah mendaftar.
- mengenai school transportation, jawabannya : akan disediakan, tapi dikelola oleh sub-kontraktor. Orang tua murid akan langsung berhubungan dengan sub-kon tersebut, bukan dengan/via sekolah.
- mengenai pembayaran pendaftaran, jawabannya : harus dengan cash atau personal cheque.

Karena syarat pembayaran tersebut tidak bisa saya penuhi saat itu, akhirnya saya cuma titip formulir pendaftaran yang sudah diisi. Bayarnya bisa belakangan (Rabu ini). Boleh lah, apalagi sudah dapat snack & minum gratis...he3x.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad