"Rasanya Seperti Dirampok...." - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

"Rasanya Seperti Dirampok...."

Barusan ada teman yg curhat karena dia baru aja kecewa dengan pelayanan asuransi di Qatar.
Ceritanya setiap tahun para pemilik mobil harus memperbarui istimara (STNK) masing2. Biaya untuk perpanjangan istimara sih nggak mahal. Tapi syaratnya itu yg bikin susah. Sebelum memperbarui istimara, kita diwajibkan untuk memperpanjang asuransi mobil.

Biasanya kalau kita beli mobil baru, maka harganya akan langsung dipaket dengan asuransi. Harga asuransi ini pun standard (sekitar 4%), karena diatur oleh pemerintah. Kalau pun ada beda, tidak akan banyak. Masalahnya adalah pada saat kita ingin memperpanjang di tahun kedua, maka harganya akan sesuai dengan resiko yg didasarkan kepada jumlah klaim yg pernah kita buat.

Banyak sekali rekan2 yg kesal, karena dikenakan biaya asuransi yg sangat besar (sampai dengan 6%). Malahan salah satu dari mereka komentar "Rasanya seperti dirampok...." pada saat memperbarui asuransi. Dari cerita temanku yg curhat tadi, dia memperbarui asuransinya di QIC. Dia bilang "Jangan lagi deh ke sana. Tolong tulis di blog-mu itu. Biar orang2 Indonesia yg lain nggak kecewa juga." Karena menurut teman kantornya dia, sebenarnya kita bisa aja memindahkan asuransi ke tempat lain dengan harga yang lebih masuk akal. Syaratnya? Hanya dengan membawa surat asuransi kita yg lama ke asuransi yg baru.

Dari browsingku di internet, salah satu insurance company yg direkomen karena layanan yg bagus adalah "Qatar General Insurance & Reinsurance Company". Selain itu, Islamic Insurance Company akan memberikan profit sharing, berupa pengembalian premi apabila tidak ada claim dalam masa waktu kontrak.

Sehubungan dengan klausul yg ditawarkan, sebaiknya dicek, karena ada bbrp item yg mungkin tidak kita perlukan dan bisa di-exclude, seperti off-road, banjir (mana ada banjir di Qatar ...), huru hara, dan lain2. Kita juga bisa memilih, mau asuransi third party atau Full insurace. Third party maksudnya adalah apabila terjadi kecelakaan dan dua2nya bonyok, sedangkan yg salah adalah kita, maka asuransi kita akan membayar untuk perbaikan mobil yg kita tabrak. Lain halnya dengan full insurance, dengan kejadian yg sama, maka dua2nya akan ditanggung asuransi kita.

Aku sendiri memang belum pernah mengalami perpanjangan asuransi. Cuma, buat jaga2, berikut ini daftar perusahaan asuransi yg beroperasi di Qatar. Tinggal telpon dan minta quotation dari mereka, trus bandingin aja sebelum transaksi terjadi.

ALICO - American Life Insurance
Phone: 4655057
Address: Dekat Gulf Cinema, C Ring Road

Al Khaleej Insurance Company
Phone: 4414151
Address: Grand Hamad Street

Arabian Insurance Company
Email: arabia@qatar.net.qa
Phone: 4422682
Address: Sebelum Gulf Cinema, C Ring Road

Doha Insurance Company
Phone: 4335000
Address: Seberang Gulf Cinema, C Ring Road

Islamic Takaful Insurance
Phone: 4674440
Address: D Ring Road

Lebanon Suisse Insurance
Phone: 4664406
Address: Perempatan Rawdat Al Khail, C Ring ROad

National Insurance Company of Egypt
Phone: 4423422
Address: Dekat Doha Fort Museum

Qatar General Insurance and Reinsurance Co
Email: qgirc-tec@qatar.net.qa
Phone: 4282222 / 4417800
Address: Seberang New World Center, Grand Hamad Street

Qatar Insurance Company (QIC)
Email: qatarins@qis.com.qa
Phone: 4490490
Address: Doha Corniche

Qatar Islamic Insurance Company
Email: tech@qiic.net
Phone: 4658888 / 4722394 4722394 (Al Khor)
Address: Seberang Gulf Cinema, C Ring Road

3 komentar:

aliasing mengatakan...

QATAR.... MANA ADA YANG BERES!!!

Zuhair mengatakan...

Rif,

Dimana-mana sistem asuransi seperti itu. Banyak klaim = premi tinggi. Kalau nggak seperti itu, bisa bangkrut perusahaan mereka. Saya yakin bukan cuma di QIC kasus seperti itu terjadi. Kalo ingat pengalaman anda di Indonesia, mirip aja kan?

Yang paling penting sebenarnya dlm berasuransi adalah pelayanan klaim yg cepat. Karena kita tdk mau menghabiskan waktu untuk urus2 klaim kan?

Syarif Achmad mengatakan...

Saya sih setuju aja bahwa nilai premi itu berbanding lurus dg resiko (yg diwakili oleh jumlah klam), sepanjang harga yg harus kita bayarkan sesuai.
Hanya, yg dikeluhkan teman2 di sini adalah bahwa apa yg mereka bayar itu sudah diluar batas wajar. Sedangkan ada alternatif untuk pindah asuransi dengan harga yg masih wajar.
Selain itu, pelayanan jg menjadi faktor penting. Asuransi yg diceritakan di sini mendapatkan order langsung dari dealer mobil, sehingga kita tidak diberikan kesempatan untuk memilih. Di sisi lain, pelayanan yg diberikan pun tidaklahlah terlalu istimewa.

Post Top Ad