Cek n Ricek - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Cek n Ricek

Sorry, ini bukan berita infotainment. Tetapi memang rekan2 yg berurusan dg lembaga2 pemerintahan dan non-pemerintahan di Qatar diharapkan sangat teliti dalam memeriksa tulisan yg ada di surat2 resmi. Baik itu visa, RP, SIM, Istimara (STNK), kartu ATM, kartu kredit, dll. Karena sudah cukup banyak masalah yg terjadi karena kesalahan yg terjadi pada surat2 tersebut.

Walaupun pengurusan dengan pemerintah bisa dibilang sangat cepat (tanpa nyogok, loh ya), tetapi tingkat kesalahannya sangat besar. Kesalahan penulisan nama, nationality, tempat tanggal lahir dsb sudah beberapa kali terjadi.

Pejabat2 di imigrasi pun akan mengatakan tidak ada masalah dengan hal itu. Hanya saja, kalau kesalahan itu berupa tulisan di visa, maka Anda tidak akan bisa terbang, unless semua data di visa sama persis 100% dengan yang ada di passport. Petugas check-in tidak akan memberikan boarding pass bila ada sedikit saja kesalahan pada visa Anda. Hal ini terjadi pada temanku yg mendapatkan kesalahan di visa pada saat boarding. Hampir saja dia tidak bisa berangkat. Tetapi setelah diurus perubahan data di visa, akhirnya perjalanan bisa dilanjutkan.

Begitu juga dalam pengurusan STNK, pastikan bahwa semua data ID Anda, data nomor asuransi dan penyelenggaranya tertulis dengan benar di STNK. Hal ini untuk menghindari masalah apabila kita tertimpa kecelakaan lalu lintas. ATM, buku tabungan, dan semua surat penting sebisanya dicek sebelum kita keluar dari kantor yg bersangkutan.

Bagaimana kalau hal ini terjadi? Untuk visa, laporkan sesegera mungkin jauh2 hari sebelum Anda berangkat, sehingga pada hari keberangkatan tidak akan ada masalah lagi. Selain itu, usahakan berangkat seawal mungkin, paling tidak 3 jam sebelum waktu keberangkatan, untuk mengantisipasi hal2 yg terjadi diluar dugaan.

Untuk surat2 lain, cek dan ricek semua data sebelum keluar dari kantor itu. Pastikan semuanya tertulis dg benar.

1 komentar:

Luthfi mengatakan...

Betul banget pak, saya hampir gak bisa berangkat gara2 beda tanggal berlaku pasport yang di pasport sama yang di visa, padahal cuma selisih 1 hari, di pasport tanggal 16 di visa tanggal 15. Untung saja petugas counter mau membantu dengan mengirim telex ke Doha untuk konfirmasi ijin berangkat, soalnya mereka juga takut kena denda yang jumlahnya lumayan, kalo gak salah sekitar 30.000 real..

Post Top Ad