Berita dari tanah air tentang Pajak - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Berita dari tanah air tentang Pajak

Menkeu Bebaskan Sanksi Wajib Pajak Kondisi Khusus
(Berita dari Website Kompas )

JAKARTA,KAMIS - Pemerintah membebaskan sanksi denda kepada wajib pajak yang tidak menyampaikan Surat Pemberitahuan dalam jangka waktu yang telah ditentukan dengan kondisi-kondisi tertentu. Ketentuan ini dikeluarkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 186/PMK.03/2007 tanggal 28 Desember 2007 yang berlaku mulai sejak 1 Januari 2008 lalu. "Menkeu mengecualikan pengenaan sanksi administrasi berupa denda," sebut Kepala Biro Pers Departemen Keuangan, Samsuar Said dalam siaran pers.

Pengecualian itu diberikan kepada wajib pajak orang pribadi yang telah meninggal dunia, wajib pajak orang pribadi yang sudah tidak melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas, wajib pajak orang pribadi yang berstatus sebagai warga negara asing yang tidak tinggal lagi di Indonesia,

Kemudian bagi bentuk usaha tetap yang tidak melakukan kegiatan lagi di Indonesia, wajib pajak badan yang tidak melakukan kegiatan usaha lagi tetapi belum dibubarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bendahara yang tidak melakukan pembayaran lagi, wajib pajak yang terkena bencana, yang ketentuannya diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan.

Pembebasan denda juga diperuntukan bagi wajib pajak lain yang penetapannya dilakukan dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak, yang tidak dapat menyampaikan Surat Pemberitahuan dalam jangka waktu yang telah ditentukan karena keadaan antara lain: kerusuhan massal, kebakaran, ledakan bom atau aksi terorisme, perang antar suku, atau kegagalan sistem komputer administrasi penerimaan negara atau perpajakan.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Jadi utk yg masih WNI tapi tinggal di luar negeri, masih wajib lapor SPT yaa. Dan tidak terkena pembebasan denda ini khan. Mohon pencerahannya

Tubagus Reggie R mengatakan...

Wallahu a'lam perlu diklarifikasi lagi berita ini.. apakah yang dimaksud warga negara asing bisa juga WNI dengan cap pendul(Penduduk Luar Negeri) dari KBRI??

Karena kalau harus lapor SPT tahunan sangat menyulitkan bagi orang2 yg jarang pulang kampung dr luar negri, misalnya ada pekerja(TKI) yg tidak pulang ke indo selama 5 tahun?

Post Top Ad