Labour Agreement - Indonesia & Qatar - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Labour Agreement - Indonesia & Qatar

Seperti yang diulas oleh The Peninsula Qatar hari ini, pemerintah Indonesia diwakili oleh Menakertrans menandatangani kesepakatan bersama dengan pemerintah Qatar mengenai ketenagakerjaan. Hal ini dipicu dengan derasnya aliran tenaga kerja Indonesia yg menjadi pindah ke Qatar akhir2 ini.

Kesepakatan berisi antara lain tentang rencana pembuatan Joint Committee antara kedua negara. Sehingga bila ada dispute antara pegawai dan perusahaan akan diselesaikan oleh Joint Committee ini. Selain itu kesepakatan ini juga berisi tentang rencana pembuatan training center di Indonesia yg bisa mencukupi kebutuhan tenaga kerja di Qatar.

Sayangnya tidak diceritakan kapan batas akhir implementasi dari kesepakatan ini. Karena, sejalan dengan waktu, permasalahan2 TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yg bekerja di Qatar terus terjadi. Mudah2an komite ini juga tidak menambah birokrasi untuk bekerja di Qatar menjadi sulit dan berbelit2. Mudah2an....

Update 24 Jan 2008: Berita ini bisa juga dibaca di website KBRI Doha.

2 komentar:

Aulia Izhar mengatakan...

Mas syarif, saya mau bertanya apakah perjanjian ini masih terus berlangsung sampai sekarang? Lalu, bagaimana perkembangannya dari tahun ke tahun, sejak 2008 sampai saat ini. saya sedang melakukan penelitian untuk tugas akhir mengenai perjanjian ini. Mohon kiranya dapat dibantu untuk dapat memberikan info-info terkait. Terima kasih.

Syarif Achmad mengatakan...

Setahu saya masih. Malahan di berita sekitar bulan lalu, dubes RI untuk Qatar yang baru akan menindaklanjuti pengadaan 10 ribu tenaga kerja ahli. http://dohanews.co/report-qatar-agrees-to-hire-10000-skilled-indonesians/

Mungkin untuk data yang valida bisa kontak KBRI Doha:
https://www.facebook.com/kbri.doha.1

Post Top Ad