FBQ Museum - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

FBQ Museum

Perjalananku hari ini sangat menarik, sampai2 aku nggak sabar untuk bercerita dan mengupload gambar2nya.

Ceritanya aku diajakin teman kantor untuk bareng2 datang ke museum Sheikh Faisal Bin Qassim Al Thani yang ada di pinggir jalan ke arah Shahaniya/Dukhan. Tentu saja aku sanggupi, apalagi ada catatan bahwa kunjungan ini "gratis".

Perjalanan menuju tempat ini pun relatif gampang. Terutama untuk yg pernah ke Dukhan. Kalau dari Ar-rayan, tinggal lurus terus sampai ke AL Wajba Petrol Station. Dari situ ambil jalan yg agak serong ke kiri. Untuk mudahnya, ikuti aja petunjuk ke arah Dukhan. Nanti setelah roundabout besar, lihat2 aja tulisan pinggir jalan yg menunjukkan arah museum yg berada di sebelah kiri jalan, sehingga kita harus memutar. Peta lengkapnya ada di sini. Selain itu, untuk masuk ke museum ini, kita harus buat perjanjian terlebih dahulu. Perjalanan ke sini sekitar 20 menit dari Doha.

Museum ini berbentuk bangunan benteng yg cukup besar dan unik. Wilayahnya sendiri sangat luas, yang terdiri dari bbrp bangunan.

Sampai di museum ini kami disambut oleh penjaganya yg dengan senang hati menceritakan tentang museum ini. Selain itu, kita juga bisa secara bebas mengambil foto. Jadilah kami berfoto ria.

Museum ini terdiri dari bbrp bagian. Pertama kami disuguhi foto2 si empunya museum beserta keluarga2nya

Selanjutnya dipajang berbagai jenis senjata (pedang, pistol dan senapan), pakaian perang, dan lain-lain. Tidak ketinggalan beberapa benda tajam dari sumatera dan jawa juga ada di sini.

Selain itu juga ada beragam perabot, kain2 khas dan foto2 Doha jaman dulu.

Anak2 paling suka dengan pajangan mobil2 lama. Mulai dari mobil uap sampai dengan mobil2 yg ada di film Cars, seperti Doc Hudson, Sheriff, Lizzie, dan Mater. Tentu saja mereka jadi senang banget.
Keluar dari situ, kami diarahkan untuk memasuki ruang yg isinya manuskrip2 lama. Beberapa diantaranya adalah Al Quran dan kitab2 arab yg masih ditulis tangan. Ruang lainnya berisi fosil2. Di sini ada fosil dinosaurus, ikan, kerang, sampai dengan batu kristal yg indah. Wah.. benar2 perjalanan yg menyenangkan.

Untuk info selanjutnya, silahkan masuk ke websitenya di sini. Sedangkan untuk konfirmasi kedatangan, silahkan telpon ke 4869966 atau email ke sini.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad