The Translator - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

The Translator

Judul di atas bukanlah judul film baru. Bukan juga iklan lowongan kerja. Judul di atas hanya untuk menggambarkan "pekerjaan sampinganku" di kantor. Ya, aku kadang2 diminta jadi penterjemah rekan kantor yg kebetulan punya pramuwisma yg dari Indonesia. Pekerjaan penerjemahan ini mulai dari menelpon si TKI yg tidak bisa bahasa Inggris (kebetulan majikannya orang Jerman) untuk menjelaskan sesuatu, bikin kamus bahasa inggris-indonesia, terjemahin sms sampai terjemahin surat (yg umumnya disortir oleh si majikan).
Dari situ aku tahu tentang kondisi saudara2 kita itu. Senang rasanya bila mengetahui bahwa mereka bisa bahagia bekerja di Qatar dan nabung buat keluarganya. Tapi ada juga yg sempat minggat dari majikannya yg kebetulan orang lokal. Cerita pastinya aku kurang tahu, karena surat yg dibuat TKI tersebut berbahasa arab, ditulis dengan tulisan latin. Aku cuma bantuin membaca surat itu tanpa tahu apa artinya.
Sebagian besar mereka mengalami kendala bahasa. Ada yg bisa berbahasa arab, tetapi dapat majikan yg orang eropa. Ada juga yg sama sekali tidak bisa berbahasa arab maupun inggris. Untungnya umumnya rekan2 kerja tersebut orang baik dan mau mengerti keterbatasan sodara kita tersebut, jadi mereka yg ngalah minta aku buatkan "kamus" untuk komunikasi sederhana. Aku juga nggak ngerti, pembekalan seperti apa yg dilakukan di Indonesia, sehingga mereka tidak bs sama sekali berkomunikasi dengan bos-nya. Bagaimana mereka bisa happy di lingkungan yg sama sekali baru dan bekerja dengan baik tanpa mengerti apa yg dibicarakan. Mereka umumnya rajin bekerja. Cuma tidak tahu bila diperintah sesuatu. Pernah salah satu teman minta dimasakin potato, eh... malah diambilin pot bunga.
Sayang sekali.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad