Tourist Visa Process - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Tourist Visa Process

Aku memang ada rencana untuk mendatangkan ortu ke Qatar sekedar untuk jalan2. Sudah beberapa kali aku tanya ke teman2 proses pengurusan visa ini. Baru kali ini aku benar2 mengalami sendiri.

Pertama2 aku disarankan untuk ke KBRI untuk pembuatan surat keterangan. Di sana aku memasukkan surat berupa kopi passportku, ortuku dan akte kelahiran sebagai bukti hubungan keluarga. Diluar kebiasaan, proses di KBRI memakan waktu sampai dengan 1 minggu. Itu pun aku harus bolak balik ke sana untuk mengeceknya. Malah temanku yg barengan harus mensubmit ulang surat menyuratnya karena berkasnya hilang. Ada apa dg KBRI?

Proses setelah ke KBRI jauh lebih mudah dari yg aku bayangkan. Aku datang ke kantor imigrasi Qatar sekitar jam 8 malam, karena menurut informasi memang kantor ini buka sampai malam. Posisinya kalau dari ringroad C, sampai di Toyota signal belok ke kanan. Sampai di lampu merah berikutnya, u-turn (jangan belok kiri yg arah bandara). Setelah U-Turn, langsung belok di simpang pertama ke kanan trus belok lagi di belokan pertama ke kiri. Dari jauh sudah kelihatan logo MOI.

Sampai di sana aku langsung dapatkan formulir dan mengisinya. Untungnya ada bahasa inggrisnya, jadi pengisian formulirpun berjalan dengan lancar. Selanjutnya aku diminta menghadap kapten. Kapten punya kantor tersendiri. Masuk aja ke dalam pintu kaca, dan belok kiri. Di pintu si kapten akan ada tulisan Visa Officer. Tinggal masuk dan jelaskan bhw kita mau minta visa turis untuk keluarga kita, dia akan lihat surat dari KBRI. Aku juga attach kopi passport+RP-ku dan passport ortuku. Habis itu dia langsung tanda tangan di formulir. Step selanjutnya tinggal membayar di counter no2 atau 3. Untuk visa turis dikenakan biaya QR55 per orang. Petugas di konter akan langsung print bukti tanda terima. Hasilnya tinggal dilihat di internet. Visanya-pun bisa dicetak dari internet.

Mudah dan cepat. Menurutku, ini salah satu layanan paling efisien di Qatar.
Update tanggal 29 Okt 2007: Sore ini jam 16.30, aku check visanya sudah jadi. Alhamdulillah
Info tambahan: Visa Turis ini berlaku selama 3 bulan dari tanggal diterbitkan. Bisa digunakan utk satu kali entry (tidak bisa dipakai umrah) dan lama tinggal 14 hari, bisa diperpanjang maksimum 1x14 hari.

13 komentar:

Anonim mengatakan...

saya orang indonesia punya suami orang brunei darusalam.sekarang suami kera diqatar dan saya berniat mengunjunginya.dari info yang saya dapat saya harus memohon visa dijakarta.apakah suami saya tidak bisa mohon visa diqatar untuk saya karena visa yang bisa dimohon diqatar hanya untuk anak2 kami karena mereka ikut warga negara bapaknya brunei.

Syarif Achmad mengatakan...

Sebaiknya suami Anda yg meminta visa dari Qatar. Akan jauh lebih mudah. Selama ada bukti akte nikah, seharusnya prosesnya gampang.

Anonim mengatakan...

kalau mau buat visa turis tp tidak punya keluarga d qatar bisa ga mas syarif??

rifqy mengatakan...

bagaimana kalau sayan ingin berkunjung ke Doha atas undangan dari seorang teman saja? saya tidak ada hubungan keluarga dengan teman itu. apakah teman saya harus menguruskan visa saya di Qatar?

Saya sangat mohon informasinya, saya sudah tanya sana sini tapi belum menemukan titik terang.

terimakasih

Syarif Achmad mengatakan...

@Rifqy, Teman Anda bisa mengajukan visa melalui hotel atau travel agent di Qatar. Syaratnya hanya fotocopy passport dan biaya administrasi.

Beberapa hotel tidak mewajibkan tamu untuk menginap di hotel mereka, jadi mereka hanya mengeluarkan visa saja.

rifqy mengatakan...

oh ya? se simpel itu kah? walaupun saya akan tinggal di rumah teman saya itu sekalipun?

sebelumnya, terimakasih teramat sangat banyak untuk responnya.

almira anjani mengatakan...

Saya akan menikah,,calon suami saya bekerja di Qatar,,kira2 bgmn mengurus visa untuk tinggal disana,, dan apa saja yg harus dipersiapkan?

Syarif Achmad mengatakan...

@Almira,
coba baca di sini:
http://tentangqatar.blogspot.com/2007/09/qatar-visa-for-family.html

heidi mengatakan...

salam kenal yah..saya ingin jalan jalan ke qatar ada kawan orang indonesia tinggal disana tapi tidak ada hubungan darah stlah saya cari tahu ternyata hotel yg di rekomendasikan oleh qatar airways semua bintang lima dan mahal,buat liburan saja kalau bermalam harus di hotel intercontinental bs habis 25juta :( bisa bantu info jalan keluarkah terima kasih

Syarif Achmad mengatakan...

@Heidi, kalau tidak ada saudara di sini bisa minta temannya urus visa lewat hotel (yang bintang satu juga bisa) atau bisa juga lewat travel agent. Hamlah (travel haji) Al-Anshar juga bisa membantu. Tapi memang biasanya agak mahal.

muhammad akbar mengatakan...

Bang kami ini pelaut ada 10 orang sdh hbis kontrak mau pulang abang ada info gak kalau mau urus exit visa bayar berapa bang dan dimana....soalnya perusahaan kami cuma beri duit buat beli tiket sendiri dari doha ke jakarta...makasih bang sebelumnya

Syarif Achmad mengatakan...

Setahu saya pengurusan itu paling kena biaya QR100.

puan melodya mengatakan...

Sore bang sy mau ke qatar stlh perjalanan dr new york . Smdan stay beberapa hari.. Gimana utk mendapatkan visa ? Bs diurus sdri di qatar.. Saya liburan dg pacar saya warga negara Australia..

Post Top Ad