Pantai Qatar #1: Dukhan - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Pantai Qatar #1: Dukhan


Tulisan ini sengaja aku bikin berseri, biar nggak capek ngebacanya (dan nulisnya juga ...)

Ceritanya liburan lebaran kemarin aku, bersama keluarga dan bbrp teman muter2 Qatar. Cuma, karena memang hiburannya cuma pantai jadinya kita jalan2 ke pantai terus. Sampai2 badan kita gosong semua kena panas matahari. Anyway, it was really fun.
Perjalanan pertama kami arahkan ke Dukhan, sekalian mengunjungi teman yg pintar masak di sana. Lumayan, bisa lunch gratis hehehe.
Dukhan adalah kota kecil yang berada kurang lebih 80km di ujung sebelah barat Doha. Jadi perjalanan menuju Dukhan seolah2 memotong tengah2 Qatar. DUkhan merupakan kota yg dibangun khusus untuk penambangan minyak. Jalurnya juga tidak terlalu sulit, yaitu dengan mengikuti jalan Arrayan dari arah sport roundabout.
Sayangnya banyak bagian jalan ke Dukhan sedang dalam perbaikan, sehingga mobil tidak bisa melaju dengan cepat. Kita sempat beristirahat sebentar di Shahaniya, sebuah kota di tengah2 antara Doha dan Duhkan. Di Shahaniya, kita bisa melihat banyak peternakan unta. Banyak yg cukup terkesan, karena selama di Qatar, baru kali ini bisa melihat unta (yg notabene hewan gurun) hidup secara live. Di sana ada supermarket Al Meera dimana kita bisa belanja perbekalan ke Dukhan.
Perjalanan kami lanjutkan sampai ketemu jalan mulus yg berarti Dukhan sudah dekat. Total waktu tempauh Doha-Dukhan sekitar hampir 2 jam, termasuk istirahat di Shanhaniya.Setelah sampai di Dukhan, langsung menuju rumah teman di dalam komplek QPdan kami istirahat di sana. BTW, untuk masuk ke komplek ini kita harus meninggalkan ID card di gerbang. Dan dilarang foto2an selama di dalam kompleks.
Setelah cukup beristirahat, kami diantar ke "puncak" Dukhan. Di tempat ini kami bisa melihat seluruh kota Dukhan yg berisi hanya perumahan, kantor dan pengeboran milik QP. Walaupun jelas2 ada tulisan "No Photograph", tetap saja teman2 pada bandel mengambil foto di sana, karena memang viewnya lumayan indah.
Perjalanan kami lanjutkan ke pantai Dukhan yang berada di luar kompleks. Di sini sudah ada beberapa keluarga yg sedang piknik, sebagian besar bule. Pantai di sini sangat landai dan ombaknya kecil. Sehingga anak2 sangat senang bisa bebas bermain dan berenang. Sayangnya memang pasirnya tidak terlalu halus. Ada baiknya membawa tenda untuk berteduh, karena tidak ada tempat sama sekali untuk berteduh di sini. Di sini juga tidak ada tempat bilas, untungnya sudah diingatkan untuk membawa air dari rumah untuk basuh.
Menjelang sore kami pulang ke Doha. Anak2 langsung tidur pulas di mobil karena kecape'an. Perjalanan ke Doha lebih cepat, karena kami tidak berhenti di tengah jalan. Hanya pada saat sampai di Doha, sebagian besar teman salah ambil jalan, karena memang sudah malam dan suasana di roundabout cukup membingungkan. (To be Continued)

Tidak ada komentar:

Post Top Ad